Peristiwa Nasional

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 - 08:55 | 12.02k
Ilustrasi. Hujan lebat (FOTO: TIMES Indonesia)
Ilustrasi. Hujan lebat (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam peringatan dini cuaca menyampaikan, sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan pada Senin (13/5/2024) termasuk beberapa kota besar di Tanah Air.

Berdasarkan prakiraan cuaca di situs BMKG, hujan lebat berpotensi turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Hujan lebat juga diprakirakan turun di sejumlah titik di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sementara itu, BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas lebih ringan dapat terjadi pada hari ini di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Gorontalo, dan Papua Barat.

Kota-kota yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Senin, yakni Jambi, Pontianak, Banjarmasin, Pekanbaru, Mamuju, dan Padang.

Sementara hujan ringan dapat dialami wilayah Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Jayapura, Manokwari, Kendari, Manado, dan Medan.

BMKG memprakirakan khusus untuk wilayah Jakarta, cuaca berpotensi akan berada dalam kondisi cuaca cerah berawan di seluruh wilayah administrasinya dengan hujan ringan dapat terjadi dimulai pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan dampak hujan termasuk banjir di sejumlah wilayah dengan kategori waspada diberikan hari ini untuk daerah di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES