Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Garuda Indonesia Terbangkan Kembali Jemaah Calon Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar

Kamis, 16 Mei 2024 - 01:36 | 15.06k
Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Bandara AMAA Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Bandara AMAA Madinah. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, MADINAHGaruda Indonesia menyatakan bahwa jamaah haji Indonesia Kloter 5 Embarkasi Makassar yang sebelumnya kembali ke bandara keberangkatan atau Return to Base (RTB) dengan penerbangan GA-1105 rute Makassar-Madinah telah diterbangkan dengan menggunakan pesawat pengganti.

“Penerbangan haji Garuda Indonesia GA-1105 rute Makassar-Madinah telah diterbangkan kembali dengan pesawat pengganti,” kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pesan singkat di Jakarta, Rabu (15/5/2024) malam.

Irfan menyampaikan Garuda Indonesia telah menerbangkan kembali penerbangan haji GA-1105 pada malam ini pukul 22.02 WITA dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar setelah sempat melakukan prosedur RTB pasca adanya kendala engine pesawat yang memerlukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

Dia menuturkan para penumpang yang merupakan jamaah calon haji Kloter 5 Embarkasi Makassar tersebut kembali melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan armada Boeing 747-400 (ER-TRV).

“Dan dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz Madinah pada esok hari (Kamis, 16/5) pukul 03.40 LT (local time),” ujar Irfan.

Lebih lanjut Irfan mengatakan untuk armada Boeing 747-400 (ER-BOS) yang sebelumnya mengalami kendala teknis selanjutnya akan berhenti operasional untuk sementara waktu (grounded) guna menjalani inspeksi menyeluruh bersama pihak-pihak terkait hingga pesawat tersebut dinyatakan siap untuk kembali terbang.

Adapun sebagai bagian dari langkah mitigasi operasional penerbangan haji dari Embarkasi Makassar agar tetap berlangsung lancar pascaperistiwa tersebut, kata Irfan, Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan alokasi pesawat cadangan (back up).

“Guna memastikan keberangkatan jamaah calon haji selanjutnya berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan,” kata Irfan.

Sebelumnya diberitakan, Garuda Indonesia menyatakan pesawat GA-1105 rute Makassar-Madinah yang merupakan penerbangan haji Kloter 5 embarkasi Makassar pada Rabu memutuskan untuk terbang kembali ke bandara keberangkatan atau RTB guna memitigasi risiko aspek keamanan operasional.

Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala mesin (engine) pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu mesin.

Irfan mengatakan penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 waktu setempat (local time/LT).

Namun, kini 450 penumpang yang merupakan rombongan jamaah calon haji asal Embarkasi Makassar kembali diterbangkan pada pukul 22.02 WITA ke Madinah.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES