Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Kemenag Bekali Jemaah Haji Alat Kesehatan Atasi Cuaca Ekstrem di Makkah

Kamis, 16 Mei 2024 - 13:24 | 14.73k
Pelepasan calon haji kloter 4 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Asrama Haji Babel di Pangkalpinang, Kamis (15/5/2024) dini hari (FOTO: ANTARA/HO-Diskominfo Babel)
Pelepasan calon haji kloter 4 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Asrama Haji Babel di Pangkalpinang, Kamis (15/5/2024) dini hari (FOTO: ANTARA/HO-Diskominfo Babel)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Agama memberikan peralatan kesehatan kepada calon haji sebagai antisipasi terhadap cuaca ekstrem saat melaksanakan ibadah haji di Makkah.

"Setiap calon haji menerima perlengkapan kesehatan seperti masker, semprotan wajah, tisu basah, dan lainnya," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Rebuan, Kamis.(16/5/2024)

Penyediaan peralatan kesehatan ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada calon haji selama ibadah di Makkah.

"Suhu di Makkah sangat panas. Menurut informasi, suhu udara di sana masih di bawah 48 derajat Celsius, sedikit lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai 48 derajat Celsius," katanya.

Ia mengingatkan calon haji untuk selalu menjaga kesehatan, memakai masker, dan minum air mineral yang cukup agar tidak dehidrasi selama ibadah.

"Kami mengimbau calon haji untuk selalu memakai masker, karena debu yang berterbangan akibat cuaca panas dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan lainnya," ujarnya.

Ia juga berharap calon haji mematuhi saran dan arahan dari dokter yang mendampingi mereka selama pelaksanaan haji di Makkah.

"Jika dokter atau perawat mengimbau calon haji untuk memakai masker, kami harap mereka mengikuti agar tetap sehat selama ibadah haji," katanya.

Ia menambahkan, jumlah calon haji yang berangkat tahun 2024 sebanyak 1.111 orang, dengan jumlah lansia yang cukup banyak dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga ada potensi masalah kesehatan selama ibadah haji.

"Tahun ini banyak calon haji lansia. Usia tertua 83 tahun dan termuda 19 tahun," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES