Peristiwa Nasional

4 Desa Wisata di Jatim Masuk 50 Besar Finalis ADWI, Dewi Anom Poncokusumo Salah Satunya

Senin, 27 Mei 2024 - 21:02 | 18.00k
Tangkapan layar pengumuman 50 Besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (Foto: Istimewa)
Tangkapan layar pengumuman 50 Besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, yang dirilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI telah merilis 50 Besar desa wisata hasil penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, pada Minggu (26/5/2024) malam. 

Dari 50 Besar ADWI yang sudah diumumkan tersebut, sejumlah 4 (empat) diantaranya adalah desa wisata yang berasal dari Jawa Timur. Yakni, Desa Wisata Sempu dari Kabupaten Kediri, Desa Wisata Wringinanom (Dewi Anom) dari Kabupaten Malang, Desa Wisata Adat Osing Kemiren, dari Kabupaten Banyuwangi, dan Desa Wisata Gunungsari, dari Kabupaten Madiun. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Purwoto mengatakan, Kabupaten Malang kembali berhasil terpilih di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. 

"Kali ini, Desa Wisata Dewi Anom, dari Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo yang akhirnya masuk 50 Besar ADWI 2024, yang terpilih dari total 6 ribuan peserta desa wisata secara nasional," terang Purwoto kepada TIMES Indonesia, Senin (27/5/2024). 

Masuknya Desa Wisata Wringinanom Poncokusumo Kabupaten Malang ini, kata Purwoto, tentunya sangat membanggakan. 

"Prestasi ini mengingat menyamai pencapaian tahun-tahun sebelumnya yang diraih oleh Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Sanankerto Turen, dan Desa Wisata Bowele Tirtoyudo," terangnya. 

Terkhusus Desa Wisata Dewi Anom Poncokusumo, ini juga sangat membanggakan. Terlebih, dalam hasil 500 besar ADWI 2024 yang dirilis sebelumnya, ada enam desa wisata asal Kabupaten Malang yang masuk peringkat. 

Sebelumnya, lanjut Purwoto, Kabupaten Malang sendiri sempat menyisakan 2 Desa Wisata sampai dengan babak 100 Besar, yaitu Desa Wisata Wringinanom dan Desa Wisata Poncokusumo. 

Menurutnya, desa wisata Dewi Anom memang layak menjadi terbaik, karena punya potensi dan keunggulan. Dalam perjalanannya, Dewi Anom punya kunjungan paket wisatanya terus meningkat, didukung platfom digital dalam penjualan paket wisata online yang cukup masif. 

"SDM pengelola Desa Wisata dan pelayanan wisatanya profesional, dilengkapi digital marketing dengan rating pada medsos pemasarannya yang sangat masif juga," beber Purwoto. 

Wisata Dewi Anom, lanjutnya, juga sudah perna meraih Juara 2 Kategori Kelembagaan di Program Kampanye Sadar Wisata 5.0.

Pihaknya memastikan, bersama tim kurasi akan memfokuskan mendampingi Desa Wringinanom dalam 50 besar, serta akan visitasi dewan juri nasional nantinya. Rencananya, visitasi langsung ke desa wisata 50 Besar ADWI ini akan dilangsungkan dalam Juni sampai Agustus 2024 mendatang. 

"Dari 50 besar ADWI 2024 itu, nanti dinilai oleh Tim Juri, untuk mendapatkan penghargaan yang dikategorikan terbaik pada kategori apa. Semoga di tahun ini, juga bisa masuk dalam nominasi terbaik di salah satu kategori ADWI 2024," demikian Purwoto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES