Peristiwa Nasional

Wapres RI Ma'ruf Amin Harap Layanan Fast Track Haji Meningkat

Jumat, 31 Mei 2024 - 15:04 | 16.66k
Wapres RI Ma'ruf Amin saat meninjau layanan Fast Track di Solo. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)
Wapres RI Ma'ruf Amin saat meninjau layanan Fast Track di Solo. (Foto: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, mengungkapkan harapannya agar Pemerintah Arab Saudi dapat menambah layanan fast track di Indonesia. Saat ini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki tiga embarkasi dengan layanan fast track, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Solo.

"Kita bersyukur Indonesia mendapat layanan fast track ini. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mendapat tiga pelayanan fast track. Indonesia juga mendapat tambahan kuota 20 ribu jemaah. Ini karena hubungan istimewa kedua negara yang terjalin baik," kata Wapres saat meninjau layanan fast track di Embarkasi Solo, Jawa Tengah.

Wapres Ma'ruf Amin juga menyampaikan harapannya agar tahun depan layanan fast track ini dapat ditambah di embarkasi lainnya. Selain itu, juga diharapkan penambahan kuota karena masa tunggu haji yang cukup lama.

"Kita ingin pelayanan haji terus lebih baik ke depannya, juga pelayanan kesehatan, akomodasi, transportasi bertambah baik. Itu usaha pemerintah dalam rangka memperbaiki layanan haji," katanya.

Menurut Wapres, jemaah sangat senang dengan layanan fast track. Proses keimigrasian jemaah dilakukan di negara sendiri dengan cara yang mudah dan cepat. Hal ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para jemaah dalam menjalankan ibadah haji.

Wapres juga menegaskan bahwa tidak boleh ada lagi jemaah yang melakukan haji dengan visa ziarah.

"Ini tidak boleh terjadi lagi adanya pelanggaran itu, kita ada kesepakatan baik dengan Saudi. Maka taati aturan tersebut," tegasnya.

Wapres juga menekankan kepada agen travel untuk tidak memberi peluang bagi pelanggaran aturan tersebut, dan bahwa pemerintah berupaya keras agar hal ini tidak terjadi lagi.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dubes Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, beberapa Staf Khusus Menag, dan Kakanwil Jawa Tengah Mustai'n.

Dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan dukungan dari berbagai pihak terkait, diharapkan layanan haji dapat terus meningkat dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi jemaah haji Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES