Peristiwa Nasional

Prabowo Subianto Terima Bintang Bhayangkara Utama dari Polri

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:41 | 13.75k
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit saat Penyerahan Bintang Bhayangkara Utama di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pada Kamis (20/6/2024). (FOTO: Humas Polri for TIMES Indonesia)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit saat Penyerahan Bintang Bhayangkara Utama di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pada Kamis (20/6/2024). (FOTO: Humas Polri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Utama kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Penyerahan bintang tersebut berlangsung di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pada Kamis (20/6/2024).

Diketahui, acara tersebut berlangsung tertutup dan tidak dapat dihadiri oleh awak media untuk melakukan liputan langsung di tempat. Namun, Polri hanya memberikan informasi tertulis beserta dokumentasi.

Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo, mengungkapkan bahwa pemberian Bintang Bhayangkara Utama Polri kepada Menhan Prabowo merupakan penghargaan atas kerja sama dalam menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hari ini Kapolri memberikan penghargaan kepada Menhan Prabowo Subianto Bintang Bhayangkara Utama Polri. Ini adalah penghargaan yang diberikan atas hubungan timbal balik dan kerja sama dalam upaya peningkatan keamanan NKRI," katanya dalam keterangan persnya yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (20/6/2024). 

Selain itu, ia menyatakan bahwa Menhan Prabowo Subianto dihargai karena kontribusinya yang signifikan dalam kemajuan dan perkembangan institusi Polri.

Jenderal polisi dengan pangkat dua itu juga menyampaikan bahwa Prabowo Subianto secara konsisten menekankan pentingnya peran dan fungsi TNI bersama Polri dalam melayani rakyat dan negara.

Perlu diketahui, Bintang Bhayangkara Utama merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati kontribusi seseorang dalam memajukan dan mengembangkan Polri.

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012, terdapat tiga tingkatan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yaitu Bintang Bhayangkara Utama sebagai tingkatan tertinggi, diikuti oleh Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Disamping itu, Prabowo juga telah menyatakan dukungannya terhadap penguatan Polri saat berbicara dalam dialog kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lemdiklat Polri di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Presiden terpilih pada Pilpres 2024 kemarin juga menegaskan bahwa TNI dan Polri merupakan penjamin terakhir keutuhan NKRI. Oleh karena itu, masyarakat membutuhkan TNI-Polri yang kuat dengan sumber daya manusia berkualitas tinggi dan unggul.

Sebagai informasi, Upacara pemberian tanda kehormatan tersebut diadakan secara formal, dimulai dengan sambutan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo kepada Prabowo Subianto di Mabes Polri. Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto serta para pejabat utama Mabes Polri turut hadir dalam kesempatan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES