Peristiwa Nasional Derap Nusantara

Makna Logo HUT ke-79 Republik Indonesia: "Nusantara Baru Indonesia Maju"

Selasa, 25 Juni 2024 - 11:31 | 22.21k
Masyarakat dapat mengunduh informasi detail mengenai logo HUT ke-79 RI melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.
Masyarakat dapat mengunduh informasi detail mengenai logo HUT ke-79 RI melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Indonesia meluncurkan logo untuk memperingati HUT ke-79 RI. Logo HUT RI ini dirancang dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju", yang tidak hanya menggambarkan transisi kepindahan ibu kota negara tetapi juga transisi kepemimpinan nasional.

"Tema ini mencerminkan harapan untuk Indonesia yang lebih maju dan berkelanjutan," terang Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono.

Logo tersebut terdiri dari angka 79 berwarna merah, yang melambangkan usia Indonesia, serta tulisan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" berwarna hitam.

Lebih dari sekadar angka, desain logo ini sarat akan makna. Angka 79 yang dibentuk dari bagian-bagian terpisah merepresentasikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku dan budaya yang saling terhubung.

Bagian atas angka 7 yang menyerupai paruh Garuda melambangkan kekuatan negara dan salah satu pilar kebangsaan, yaitu Pancasila. Bentuk ini juga mengisyaratkan arah ke depan dan ke atas, menggambarkan harapan untuk peningkatan investasi dan ekspor guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Lengkungan-lengkungan pada angka 7 dan 9 menggambarkan prinsip pembangunan berkelanjutan yang menghubungkan berbagai aspek pembangunan nasional. Ujung angka 9, yang berbentuk seperti dahan dan daun, menggambarkan prinsip pembangunan yang berlandaskan ekonomi hijau, selaras dengan alam, dan menghormati budaya serta identitas nasional. Kaki angka 7 dan 9 yang menyatu seperti dua tangan yang terkatup melambangkan persatuan bangsa, meskipun terdapat beragam pandangan dan pendapat.

Dua gelombang yang mengarah sama di atas angka 7 dan di bawah angka 9 melambangkan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan, guna mencapai kesetaraan di seluruh wilayah.

Logo ini didesain oleh Inggrid Wenas, anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur. Inggrid menyatakan, "Desain ini berawal dari mimpi untuk memberikan yang terbaik dan berkontribusi bagi bangsa dengan keahlian yang kami miliki. Kami berharap industri kreatif di Indonesia semakin maju, dan bakat anak bangsa semakin dihargai."

Data dan Detail Logo HUT ke-79 RI

  1. Desainer Logo: Inggrid Wenas, anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dari Surabaya, Jawa Timur.
  2. Tema: "Nusantara Baru Indonesia Maju".
  3. Warna Utama: Merah dan hitam.
  4. Elemen Desain:
  • Angka 79: Menandakan usia Indonesia.
  • Paruh Garuda: Simbol kekuatan dan pilar kebangsaan.
  • Lengkungan: Menyimbolkan pembangunan berkelanjutan.
  • Dahan dan Daun: Melambangkan ekonomi hijau.
  • Dua Gelombang: Mewakili desentralisasi dan pemerataan pembangunan.

Logo HUT ke-79 RI ini diharapkan menjadi simbol yang tidak hanya memperingati kemerdekaan tetapi juga menginspirasi masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES