Peristiwa Nasional

PP Muhammadiyah Ajak Umat Muslim Hijrah ke Kalender Hijriyah Global Tunggal

Selasa, 09 Juli 2024 - 12:11 | 9.84k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah mengatakan, saatnya umat Islam sedunia hijrah ke Kalender Hijriyah Global Tunggal sebagai bayar utang peradaban. 

Diketahui, Kalender Hijriyah Global Tunggal kini resmi dipakai Muhammadiyah sebagai acuan penentuan bulan kamariah. Keputusan penggunaan KHGT oleh Muhammadiyah itu tak terjadi tiba-tiba. Ini merupakan hasil Muktamar 48 di Surakarta, 2022.

"Sungguh malu Dunia Muslim dalam menentukan hari, tanggal, dan tahun baru Hijriyah masih berbeda antar negara maupun di satu negara. Apalagi menentukannya dengan cara dadakan yang mengandung ketidakpastian," kata Haedar dalam keterangan resminya diterima TIMES Indonesia, Selasa (9/7/2024).

Padahal, kata dia, di luar sana Kalender Masehi telah lama menjadi rujukan pasti umat manusia dunia. Sungguh perlu ijtihad dan penafsiran baru atas hadis Nabi soal penentuan bulan baru agar tidak terjebak pada status-quo pemahaman keagamaan yang normatif dan jumud. 

"Bukankah peredaran benda-benda langit itu berada dalam hukum sunatullah yang  pasti dan tidak spekulasi," jelasnya.

Kata Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tersebut, mari berhijrah meninggalkan ketidakpastian menuju kepastian dalam penentuan hari, bulan, dan tahun hijriyah. 

Sebagai bukti umat Islam tinggi kualitas keilmuan dan kemajuan peradabannya. Bukankah Allah memerintahkan umat Islam untuk iqra, berpikir, dan menggunakan ilmu pengetahuan agar umat beriman meraih derajat tertinggi. Allah pun menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran dalam beragama (QS Al-Baqarah: 185)," ujar Haedar Nashir Ketum PP Muhammadiyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES