Haji 2024: Transformasi Digital dan Inovasi untuk Pelayanan Lebih Baik

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyoroti transformasi digital dan berbagai inovasi dalam penyelenggaraan haji 2024 yang berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kepada jemaah. Dalam pernyataannya di Pondok Gede, Yaqut mengungkapkan berbagai langkah baru yang diambil untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran ibadah haji tahun ini.
"Tahun ini, kami menerapkan transformasi digital dalam rekrutmen petugas haji," ujar Yaqut. Pendaftaran petugas dilakukan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), termasuk bagi tenaga pendukung PPIH di Arab Saudi dan mahasiswa Timur Tengah. Langkah ini memastikan proses seleksi yang lebih transparan dan objektif.
Advertisement
Selain itu, aplikasi Kawal Haji diperkenalkan untuk memfasilitasi keluhan dan aduan jemaah serta keluarga jemaah. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat umum untuk melaporkan masalah yang dihadapi selama penyelenggaraan haji. "Dengan adanya aplikasi ini, beragam masalah lebih cepat teridentifikasi dan tertangani," jelas Yaqut.
Inovasi lainnya adalah program Safari Wukuf Lansia Non Mandiri dan Disabilitas. Program ini memfasilitasi 293 jemaah haji lansia non mandiri dan disabilitas untuk tetap menjalankan wukuf di Arafah dengan persiapan yang matang dari aspek akomodasi, petugas, maupun layanan konsumsi. "Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua jemaah, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan," tambah Yaqut.
Penggunaan International Patient Summary (IPS) atau riwayat kesehatan jemaah haji pada kartu jemaah haji juga menjadi salah satu inovasi penting tahun ini. IPS berisi resume kesehatan jemaah dari sisi demografi, alergi/intoleransi, pengobatan, penyakit, dan imunisasi/vaksinasi. Informasi ini memungkinkan layanan kesehatan di Arab Saudi untuk memberikan tindakan medis yang lebih tepat dan terukur.
Yaqut menegaskan bahwa inovasi-inovasi ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan haji. "Kami berkomitmen untuk selalu berinovasi demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji Indonesia," tutup Yaqut.
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Imadudin Muhammad |
Publisher | : Rochmat Shobirin |