Peristiwa

Misteri Kota Atlantis yang Hilang Bagai Ditelan Bumi

Senin, 05 September 2022 - 10:02 | 1.17m
Ilustrasi Kota Atlantis. (Foto: Atlantis/Pinterest)
Ilustrasi Kota Atlantis. (Foto: Atlantis/Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernah mendengar nama Atlantis? Kota yang berada di bawah laut ini dijuluki sebagai kota misterius. Konon dikatakan bahwa Atlantis adalah sebuah kota kaya raya dengan peradaban canggih dan modern yang lenyap karena suatu bencana. Di berbagai film, Atlantis digambarkan sebagai kota yang hilang karena melindungi kekayaanya.

Atlantis adalah sebuah kota legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam bukunya yang berjudul “Timaeus” dan “Kritias”. Buku ini ditulis sekitar 360 SM. Melalui buku-buku tersebut, Plato bercerita mengenai Selat Mainstay Haigelisi yang berhadapan dengan sebuah pulau yang begitu besar dan dinamakan Atlantis. Pada saat itu, Atlantis baru saja akan menyerang Athena (Yunani), namun di luar perkiraan Atlantis tiba tiba mengalami banjir dan gempa bumi. Tidak sampai sehari, daratan Atlantis pun sudah semuanya tenggelam ke dasar laut.

Cerita Plato soal Atlantis ini diduga kuat bukan karangan belaka. Karena Socrates, guru Plato, juga mengatakan bahwa keberadaan Atlantis benar benar nyata 11.000 tahun yang lalu. Menurut Plato, Atlantis terletak di Samudra Atlantik, di luar “Pilar Hercules” yaitu Selat Gibraltar, di mulut Mediterania. Kota Santorini di Yunani juga diyakini oleh beberapa peneliti sebagai tempat Atlantis berada. Namun hingga saat ini Atlantis tidak pernah ditemukan.

Atlantis-2.jpgIlustrasi Kota Atlantis. (Foto: Atlantis/iStockphoto)

Salah satu dugaan kuat pun berujung di bawah lautan Indonesia. Ilmuwan asal Brasil, Arysio dos Santos, dalam bukunya yang berjudul “Atlantis:The Lost Continent Finally Found” dan “The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization” membandingkan beberapa negara yang ciri cirinya mirip dengan Atlantis, mulai dari wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi hingga cara bercocok tanam. Tidak tanggung-tanggung, penelitian tersebut menghabiskan waktu hingga 30 tahun. Santos akhirnya menyimpulkan jika Indonesia adalah Kota Atlantis. Ia menunjuk Pulau Natuna, Kepulauan Riau sebagai kota misterius tersebut. Akan tetapi, banyak dari peniliti yang tidak setuju dengan gagasan ini.

Meskipun begitu, para ilmuwan sudah setuju bahwa ada benua yang tenggelam di Indonesia, benua tersebut bernama Sundaland. Benua yang tenggelam ini adalah wilayah laut dangkal yang berada di antara Sumatera dan Kalimantan. Akan tetapi, belum ada satupun bukti konkret yang dapat ditemukan di dasar lautan ini.

Banyak yang menganggap bahwa “Kota Hilang” seperti yang diceritakan oleh Plato ini sebenarnya tidak pernah ada. Selain itu, pemikiran lain juga muncul bahwa Plato hanya menggunakan Atlantis sebagai cerita fiksi untuk menyampaikan pesa-pesan di dalam bukunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES