Peristiwa

Gempa Terasa di Pacitan, BPBD Ingatkan Warga Tak Panik

Kamis, 24 November 2022 - 21:37 | 29.99k
Gempa Terasa di Pacitan, BPBD Ingatkan Warga Tak Panik
Peta gempa Magnitudo 3.1 dirasakan di Kabupaten Pacitan. (FOTO: BMKG-SJI)

TIMESINDONESIA, PACITANGempa Magnitudo 3.1 kembali terjadi dan getarannya dirasakan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD Pacitan), Erwin Andriatmoko mengingatkan warga untuk tidak panik. 

"Kami minta warga tetap tenang, namun selalu waspada," katanya, Kamis (24/11/2022) malam. 

Menurut Erwin, pasca gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jabar beberapa hari lalu, memang eskalasi gempa cenderung lebih meningkat ketimbang sebelumnya. Pada pukul 20:37:33 WIB, gempa yang berlokasi di titik :8.92 LS,110.59 BT atau 100 km Barat Daya Pacitan ini tergolong aman. 

"Menurut informasi BMKG Jatim, kedalamannya 7 kilometer, masih ada kaitannya dengan gempa Cianjur apa tidak, belum ada konfirmasi resmi," terangnya. 

Sejauh ini, lanjut Erwin, belum ada laporan berkaitan dengan kerusakan fasilitas umum dan rumah pasca gempa tersebut. Kendati demikian masyarakat diminta tetap beraktivitas sebagaimana biasanya. 

"Tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Sampai saat ini tidak ada laporan terkait kerusakan akibat gempa bumi. Tapi yang jelas, Magnitudo gempa 2 hari ini lebih besar dari biasanya," jelasnya kepada TIMES Indonesia. 

Sementara, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melalui rilis resmi di laman bmkg.go.id mengatakan, intensitas gempa susulan di Kabupaten Cianjur akan semakin melandai dalam waktu empat hari ke depan sejak 22 November yang lalu. 

Hingga Tanggal 23 November 2022 Pukul 08.00 WIB kemarin, jumlah gempa susulan yang tercatat BMKG mencapai 162 gempa dengan magnitudo terbesar 4.2 dan terkecil pada magnitudo 1.2. 

Seperti diketahui, gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Gempa itu dirasakan di sejumlah provinsi di Jawa Barat, Banten, juga DKI Jakarta.

"Gempa-gempa susulan itu sebagian besar tidak dirasakan, dan yang bisa mencatat adalah alat, dan ada beberapa yang dapat dirasakan. Insya Allah, dalam kurun waktu empat hari ke depan, gempa-gempa susulan tersebut sudah reda dan stabil," ucap Dwikorita. 

Sedangkan gempa Magnitudo 3.1 yang dirasakan di Kabupaten Pacitan dipastikan tetap aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES