Peristiwa

Forum Silaturahmi dan Buka Bersama Kader Tunas Indonesia Raya (TIDAR) di Turki

Selasa, 02 April 2024 - 21:33 | 12.83k

TIMESINDONESIA, TURKI – dir="ltr">Kader Tunas Indonesia Raya (TIDAR) di Turki menggelar forum silaturahmi dan buka bersama untuk mempererat tali persaudaraan serta merayakan bulan suci Ramadhan 1444 H di Provinsi Sakarya, Turki. Acara tersebut dihadiri oleh puluhan diaspora muda dan kader TIDAR di Turki yang berdomisili di Provinsi Sakarya dan sekitarnya.

Puasa Ramadhan di Turki memiliki durasi lebih panjang dibandingkan dengan di Indonesia, mencapai lebih dari 15 jam. Berkat jatuhnya awal puasa tahun 2024 pada musim dingin, waktu magrib terjadi sekitar pukul 19:00 TRT (Waktu Turki), berbeda dengan musim panas beberapa tahun sebelumnya yang waktu magribnya baru terjadi pukul 20:00 TRT.

Raga Awandayu Prakasa, salah satu peserta, menyampaikan kesan positif mengenai acara tersebut. Dia menekankan pentingnya tidaknya anak muda diaspora Indonesia untuk terlibat dalam dinamika politik di Indonesia, walaupun mereka berada jauh di luar negeri.

Raga Awandayu Prakasa adalah mahasiswa Hubungan Internasional di Universitas Uludag, Kota Bursa, yang juga mengambil double degree di London School Public Relations Institute. Dia juga telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Manajemen dan Sains Malaysia beberapa tahun sebelumnya. Sekarang, sebagai cabang luar negeri pertama TIDAR di Turki, ia memainkan peran penting dalam memperluas jaringan organisasi tersebut.

Atmosfer Ramadhan sangat terasa di Turki, sebagaimana di Indonesia, karena mayoritas penduduknya adalah Muslim. Beruntungnya, banyak rumah makan Indonesia telah hadir di beberapa kota di Turki, termasuk di Provinsi Sakarya tempat acara TIDAR diadakan.

Acara tersebut dihelat di salah satu restoran masakan Indonesia yang variatif, memberikan pengunjung takjil, makanan utama, dan minuman manis seperti es teh, membangkitkan kenangan akan rumah. Meskipun sebagian mahasiswa harus mengatur jadwal akademik mereka dengan Lebaran, banyak yang mengambil cuti dan pulang ke tanah air mulai awal April hingga setelah Idul Fitri.

Forum silaturahmi dan buka bersama berlangsung hangat, diikuti dengan sesi berbagi dan diskusi. Meskipun jarak yang cukup jauh, para kader TIDAR dari kota-kota lain memutuskan untuk menginap dan melanjutkan diskusi santai di sekitar kopi.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES