Politik

Hasil Survei: Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin Kuasai Jawa Timur

Senin, 17 Desember 2018 - 19:45 | 299.55k
Duet Jokowi KH Maruf Amin (Grafis: TIMES Indonesia)
Duet Jokowi KH Maruf Amin (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Hasil Survei yang dilakukan The Initiative Intitute menyatakan Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin nyaris kuasai di hampir seluruh wilayah di Jawa Timur. Senin (17/12/2018).

Wilayah Jawa Timur itu, dibagi menjadi empat wilayah diantaranya, Wilayah budaya Arek, wilayah budaya pandalunhan, wilayaj budaya mataraman, wilayah budaya Madura.

Survei-1a.jpg

"Di wilayah Arek yang meliputi, Surabaya, Gresik,Sidoarjo,lamongan,Gresik, Kab Malang,Kota Malang, Kota Batu, Jombang dinyatakan Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul telak dengan perolehan 72,2 peren, sedangkan Duet Prabowo-Sandi mendapat suara 17,5 persen dan yang masih menyatakan ragu-ragu untuk memilih 10,3 persen," ungkap Airlangga Pribadi.

Sedangkan di wilayah budaya pandalungan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul telak dari pasangan duet Prabowo-Sandi, bahkan perolehan Prabowo- Sandy lebih kecil dari pemilih yang masih menyatakan ragu-ragu.

Survei-2.jpg

"Di wilayah budaya pandalungan yang meliputi Kota/Kabupaten Pasuruan, Kota/Kabupatrn Probolinggo, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember dinyatakan duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin 51,7 persen. Sedangkan duet Prabowo-Sandi 20,5 persen, dan responden yanh menyatakan ragu 27,8 persen," terang pria yang juga sebagai dosen FISIP Unair ini.

Di wilayah budaya Mataraman duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin juga unggul telak dengan perolehan yang tak begitu berbeda dengan wilayah budaya pandalungan.

Survei-3.jpg

"Wilayah budaya Mataraman yang meliputi, Kota/kabupaten Kediri, Kota/Kabupaten Blitar, Tulungagung,  pacitan, Trenggalek, Ngawi, Magetan, Pomorogo, Madiun,Nganjuk, Bojonegoro Tuban, Duet Jokowi-kiai Ma'ruf Amin mendapat 60,2 persen, sedangkan pesaingnya, Prabowo-Sandi hanya mendapat 17,4 persen, yang menyatakan ragu-ragu masih mengungguli perolehan duet Prabowo-Sandi, 22,4 Persen.

Duet Prabowo-Sandi hanya menang di wilayah budaya Madura, pasangan duet ini masih dinyatakan kuat di empat kabupaten di pulau garam Madura ini.

"Wilayah budaya Madura, Pasangan Duet Jokowi-kiai Ma'rlruf Amin 20,5 persen, terpalut jauh dari pesaingnya duet Prabowo-Sandi 43,0 persen, sedangkan yang masih ragu-ragu 36,5 persen," terang Airlangga.

Survei-4.jpg

Dari empat wilayah di Jawa Timur, pasangan Duet Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin unggul di tiga wilayah Jawa Timur sedangkan pesaingnya, Duet Prabowo-Sandi menang diwilayah Madura.

Untuk diketahui, hasil survei The Initiative Intitute ini menggunakan pendekatan multistage random sampling. Face to Face Interview (FTF) dengan menggunakan instrumen kuesioner untuk menggali informasi kuantitatif dengan jenis pertanyaan semi open. Duet Jokowi-KH Ma'ruf Amin unggul di wilayah Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES