Politik

Perawat Nyaleg dari PAN, Dian Istiqomah Komitmen Membenahi Sistem BPJS

Rabu, 16 Januari 2019 - 10:56 | 245.12k
Calon Legislatif DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil DKI Jakarta III, Dian Istiqomah saat ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019) malam. (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)
Calon Legislatif DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil DKI Jakarta III, Dian Istiqomah saat ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019) malam. (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (Caleg PAN), Dian Istiqomah, mengaku tak mau mengumbar janji-janji bagi masyarakat agar memilih dirinya. Dian yang kini berprofesi perawat, berada di nomor urut 5, Dapil DKI Jakarta III, meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat, komitmen siap memperbaiki sistem BPJS.

Ditemui di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/2019) malam, Dian yang merupakan seorang Magister Keperawatan itu mengatakan, akan lebih fokus kepada kesehatan masyarakat jika dirinya terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Kalau (visi misi) untuk nasional karena saya kan dari kesehatan, kedepannya saya mau memperbaiki sistem BPJS," ujarnya.

Menurutnya, kalau memang BPJS sekarang tidak berfungsi atau justru memberatkan rakyat, maka sudah seharusnya sistem dari jaminan kesehatan tersebut diperbaiki.

"BPJS itu ada kan karena adanya iuran, nanti itu sistemnya yang akan kita ganti. Sedangkan nanti tugas dari DPR RI kan nanti kita yang mengolah Undang-undangnya kan, bagaimana caranya sistem itu diperbaiki, kalau tidak bisa diperbaiki ya mending di ubah, kan tugas kita," jelas Dian.

Selain dari sistem BPJS, Dian menyebut jika nanti terpilih dia akan menggunakan dana apapun yang turun dari pemerintah untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Sesuai dengan visi misi koalisi, yakni Adil dan Makmur.

Dana tersebut lanjutnya, bisa digunakan sebagai dana kesehatan bagi masyarakat. Dian yang pernah menjadi Dosen salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) itu menjelaskan, ketika upaya preventif dan promotif dari masyarakat terpenuhi, maka orang sakit juga akan berkurang.

"Apalagi buat pemuda, masih sehat. Jika (kesehatannya) dibiarkan aja nanti di hari tua sakit-sakitan akhirnya nanti RS gak terbayar. Harusnya ada misalnya dana olahraga. Olahraga kan bagian dari preventif promotif," imbuhnya.

Ataupun jika dana kesehatan tersebut tidak ada, minimal harus ada dana untuk medical check up bagi masyarakat yang lanjut usia. "Enam bulan sekali jatah mereka dikeluarkan untuk medical check up, toh sakit gak sakit (BPJS) bayar, dananya kemana?" tukas Dian.

Oleh karenanya, Dian Istiqomah selaku Caleg PAN, akan berupaya memperbaiki semua sistem jaminan kesehatan masyarakat terutama BPJS, jika dirinya terpilih dalam Pileg 17 April mendatang. Sebab, bagi dia kesehatan merupakan salah satu hak yang memang harus diberikan kepada rakyat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES