Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Tetapkan Dua Paslon di Pilbub Banyuwangi

Rabu, 23 September 2020 - 13:26 | 29.16k
Komisioner KPU Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
Komisioner KPU Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIKPU Banyuwangi menetapkan pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah dan pasangan Yusuf Widyatmoko dengan KH Muhammad Riza Aziziy sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi dalam Pilbup Banyuwangi 2020.

Keduanya dinyatakan telah lolos memenuhi syarat. Baik secara persyaratan pencalonan maupun pemberkasan, keduanya dinyatakan lengkap dan sah.

Pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah ditetapkan KPU Banyuwangi dengan nomor 362/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020. Sedangkan pasangan Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy ditetapkan KPU Banyuwangi dengan nomor 363/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/IX/2020.

"Kami menyatakan bahwa keduanya ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilbub Banyuwangi dalam Pilkada Serentak tahun 2020," kata Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa, Rabu (23/9/2020).

Penetapan kali ini, tidak digelar KPU secara tatap muka dengan mengundang kedua paslon. Sesuai dengan PKPU Nomor 9 tahun 2020 tentang pencalonan.

"Kita lakukan penetapan non tatap muka. Namun, pengumuman bisa langsung dilihat melalui laman resmi KPU Banyuwangi," katanya.

Dengan penetapan ini, Ari menegaskan bahwa dalam pesta demokrasi mendatang dipastikan diikuti oleh dua pasangan calon. Keduanya pun berhak mengikuti setiap tahapan pemilihan selanjutnya.

Sebelum dinyatakan lolos memenuhi syarat, keduanya sempat mengalami ketidaklengkapan berkas. Namun setelah dilakukan perbaikan, berkas keduanya telah rampung diverifikasi dan memenuhi persyaratan.

"Keduanya sudah kami verifikasi dan memenuhi syarat. Setelah sebelumnya dilakukan perbaikan karena ada sedikit kekurangan. Baik dari pasangan Ipuk-Sugirah maupun Yusuf-Gus Riza," terang Ari kepada TIMES Indonesia.

Mengingat pemilihan kali ini digelar di masa wabah skala nasional, KPU mengimbau agar keduanya saling mentaati protokol kesehatan yang berlaku. KPU juga berharap, keduanya dapat bersaing dengan sehat dan sportif.

"Kami mengimbau agar keduanya atau tim pendukung tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik saat kampanye maupun hingga masa pemungutan suara nanti. Sekali lagi selamat untuk keduanya, Paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dengan Sugirah dan Paslon Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy. Kami berharap keduanya bersaing secara sehat dan sportif," kata Ketua KPU Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES