Politik Pilkada Serentak 2020

Survei LKPI Pilbup Musi Rawas, H2G - Mulyana Unggul Jauh Dari Rivalnya

Minggu, 15 November 2020 - 17:24 | 74.29k
Konferensi Pers Hasil Survei LKPI di Hotel Santika, Radial, Palembang. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)
Konferensi Pers Hasil Survei LKPI di Hotel Santika, Radial, Palembang. (Foto: Rochman/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Elektabilitas atau tingkat keterpilihan Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati  H. Hendra Gunawan-H. Mulyana atau yang lebih dikenal H2G-Mulyana jauh meninggalkan pesaingnya dengan selisih sekitar 30 persen, melalui survei yang dilakukan Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI). 

"Menyisakan waktu yang sangat pendek serta dalam nuansa Covid-19 sangat sulit dikejar dan berpeluang besar memenangkan pilkada kabupaten Musirawas pada 9 Desember 2020," ungkap Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto, ST, M, Si, M.Ikom dalam konferensi pers Survei terbarunya, Minggu (15/11/2020) di Hotel Santika Palembang.

Survei-LKPI-2.jpg

Menurut Ian, Dua paslon yang bertarung yakni Hj. Ratna Machmud-Hj. Suwarti (RAMAH BERARTI) dan H. Hendra Gunawan-H. Mulyana (H2G-MULYANA) dalam temuan survei dengan memakai  contoh  kertas surat suara didapatkan elektabilitas H2G-MULYANA (60,7 %) dan RAMAH BERARTI (29,8 %),  serta massa yang belum menentukan pilihan 9,5 %.

"Kuatnya tarikan elektoral paslon H2G-Mulyana  tidak lepas dari kinerjanya yang baik di masyarakat,” ungkap Alumni Unsri ini.

Lebih lanjut lembaga yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini menerangkan, kinerja yang baik merupakan bukti  kepercayaan masyarakat terhadap H2G-Mulyana.

Pemilih menjatuhkan pilihannya pada pasangan petahana salah satunya adalah kinerja yang baik. Tolak ukur  khususnya H. Hendra Gunawan selama memimpin kabupaten Musirawas  dirasakan masyarakat sangat puas (6 %), puas (65 %), tidak puas (27 %), tidak puas sama sekali (0,4 %) dan tidak tahu/rahasia (1,6%).

"Efek dari kinerja yang baik tergambar dari tingginya elektabiitas H2G-Mulayana. Tingkat kepuasan masyarakat yang baik merupakan modal utama  bagi siapa saja yang akan maju dalam pilkada untuk  unggul,"terang pria yang hobi berbatik.

Survei-LKPI-3.jpg

"Jarak elektabilitas H2G-Mulyana dengan RAMAH BERARTI cukup jauh yakni sekitar 30 %. Kalau tidak ada  kejadian luar biasa seperti politik uang H2G-Mulyana akan memenangkan pilkada Musirawas. Bahkan potensi untuk unggul diatas 70 % bisa diraih H2G-MULYANA dari uji statistik yang kita lakukan,” ujar mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini.

Lanjut Ian, Pilkada menyisahkan waktu yang tidak lama lagi. Masyarakat sudah punya pilihan masing-masing dan yang belum menentukan pilihan sudah sangat kecil.

"Saya memprediksi sulit untuk terjadi perubahan yang signifikan melihat rentan waktu pilkada yang semakin dekat. Tingkat kemantapan pilihan pada masing-masing paslon  mayoritas sudah cukup kuat  yakni diatas 68 %,"ujar mantan Jurnalis ini.

Survei LKPI dilakukan 2-8 Nopember 2020 dengan jumlah sample 420 responden (42 desa/kelurahan) yang tersebar di 14 kecamatan di kabupaten Musirawas. Metode yang digunakan Stratified Multistage Rrandom Sampling dengan marjin of error +/- 5 % dan tingkat kepercayaan 95 %. Wawancara dilakukan tatap muka dengan melibatkan mahasiswa yang berasal dari Palembang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES