Politik

Hilal Terlihat di Bukit Banyuurip Tuban, 1 Ramadan 13 April 2021 

Senin, 12 April 2021 - 20:16 | 49.82k
Keterangan resmi Kemenag Tuban selesai sumpah kepada saksi yang melihat Hilal (12/04/2021) (Foto Ahmad Istihar / TIMES Indonesia)
Keterangan resmi Kemenag Tuban selesai sumpah kepada saksi yang melihat Hilal (12/04/2021) (Foto Ahmad Istihar / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Meski diguyur hujan deras, tiga perukyat berhasil melihat keberadaan hilal atau bulan pada ketinggian 1 derajat di lokasi observasi Bukit Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (12/04/2021). Dengan ini, 1 Ramadhan ditetapkan 13 April 2021. 

Kepala Kemenag Tuban Sahid mengatakan bahwa rukyatul hilal atau pengamatan bulan penentuan 1 Ramadhan 1442 Hijriah atau 2021, berhasil dilakukan oleh tim Badan Hisab Rukyat (BHR) kantor menenag Kabupaten Tuban, yakni di tandai tiga orang perukyat menjadi saksi (sahit) kemunculan bulan. 

hilal b

“Alhamdulillah sore ini meski hujan, hilal di bukit Banyuurip berhasil," kata Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid 

Salah seorang saksi yang melihat hilal, Ali Mahfud mengatakan bahwa dirinya bersumpah telah melihat kemunculan hilal di tinggi hilal 1 derajat. Kemudian diikuti sahid lain, Kasdikin dan Nur Fuad juga menyaksikan kemunculan hilal. 

"Allahhu Akbar, saya melihat hilal keberadaan hilal dengan mata telanjang, di keadaan cerah sebelum hujan lebat mengguyur pukul 17.47 WIB tinggi hilal 1 derajat," Ali Mahfud 

Kemudian ketiga sahid atau perukyat yang melihat hilal disumpah di bawah kitab suci Al-Quran bersama dua orang saksi oleh panitera pengadilan agama Kabupaten Tuban. 

"Meski di guyur hujan ditetapkan 3 saksi telah melihat hilal 1 Ramadan tahun 2021. Maka diputuskan rukyatul hilal di bukit Banyuurip 2021 ditetapkan Berhasil," tutur Hakim dari Pengadilan Agama Kabupaten Tuban saat mensumpah di lokasi bukit Banyuurip.

Selesai sumpah Kepala kemenag Tuban, Sahid mengatakan bahwa pengamatan hilal penentuan 1 Ramadan, dalam kaidah islam memiliki ketetapan hukum fardhu kifayah atau bersifat wajib bagi umat islam. Untuk itu, apabila terdapat 3 orang saksi telah melihat hilal, sudah dipastikan mulai besok hari Selasa (13/04/2021) umat islam bisa menjalankan ibadah puasa.

"Pun demikian kami Kemenag Tuban, akan tetap melaporkan hasil rukyat ini ke kakanwil jatim dan langsung ke kementerian agama untuk dijadikan rujukan dan diputuskan 1 Ramadhan oleh pemerintah," ucapnya. 

Pantauan di lapangan dalam rukyatul hilal diikuti undangan terbatas diantaranya Ketua MUI, Ketua Pengadilan Agama, PC NU, PC Muhammadiyah, Forkopimka Senori dan Kemenag Tuban selaku tuan rumah.(*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES