Politik

Survei Parpol Pilihan Rakyat Jatim: PKB Pertama, Gerindra Potensi Salip PDIP

Kamis, 04 November 2021 - 23:49 | 38.54k
Survey ARC Indonesia terkait parpol pilihan rakyat Jatim apabila pemilihan legislatif berlangsung saat ini, Kamis (4/11/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Survey ARC Indonesia terkait parpol pilihan rakyat Jatim apabila pemilihan legislatif berlangsung saat ini, Kamis (4/11/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lembaga Accurate Research and Consulting (ARC) Indonesia merilis hasil survei tentang partai politik (parpol) pilihan rakyat Jawa Timur. Hasil survei menunjukkan formasi tiga besar parpol mengalami pergeseran. PKB menduduki tingkat pertama menggeser PDI Perjuangan (PDI-P). Kemudian Gerindra berada di urutan ketiga.

Rinciannya, 22,9% warga Jatim memilih PKB dan 18,6% memilih PDIP. Sedangkan 13,5% memilih Gerindra. Kemudian menyusul Golkar, 10,7% dan Demokrat 10,3%.

Direktur Eksekutif ARC Indonesia Baihaki Siradj memaparkan, formasi tersebut memang mengalami pergeseran dibandingkan 2019 lalu.

"Kalau sekarang ada pergeseran ya, kalau 2019 kemarin kan PDIP tertinggi," kata Baihaki saat rilis survey Pilgub & Pilpres Kecenderungan Sikap Pemilih di Jawa Timur Menjelang 2024, Kamis (4/11/2021) petang.

Lantas, faktor apa saja yang kemungkinan besar mempengaruhi pergeseran tersebut?

"Ada pergeseran pergerakan kemungkinan besar PKB dan Gerindra ini sudah mulai memenangkan peran. Nggak tahu dari internalnya bagaimana kita kan nggak tahu. Itu kan temuan yang ada di masyarakat," ujarnya.

Artinya Gerindra potensi menyalip PDIP? "Bisa saja berpotensi nyalip PDIP. Asalkan bisa melakukan temuan-temuan termasuk kesukaan masyarakat, pemimpinnya harus merakyat, ini kan banyak temuan-temuan seperti itu," tandasnya.

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah seluruh warga Jawa Timur yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan umum , dan yang sudah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah.

Dari populasi yang dipilih secara rendom ( multistage random sampling ) 1200 responden. Dengan marging of eror sebesar +_ 3% dengan tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh surveyor yang terlatih.

Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot check). Dalam quality control dan tidak ditemukan kesalahan berarti. Waktu wawancara lapangan 20-31 Oktober 2021 lalu. Salah satunya terkait formasi tiga besar partai pilihan rakyat Jawa Timur, yakni PKB, PDIP, dan Gerindra.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES