Politik

Survei ARCI Beberkan Lima Politisi dengan Elektabilitas Tertinggi di Dapil Jatim 1

Jumat, 13 Mei 2022 - 15:27 | 36.65k
Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt saat menunjukkan hasil survei ARCIRudi Mulya/TIMES Indonesia
Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt saat menunjukkan hasil survei ARCIRudi Mulya/TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei terbaru mereka terkait potret elektabilitas tokoh di Pemilihan Legislatif DPR RI menjelang Pemilu 2024 nanti.

Survei yang dilakukan ARCI setiap 3 bulanan ini, dilakukan pada rentang waktu tanggal 11 April hingga 25 April 2022 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Hasil Survei untuk pemilihan DPR RI Dapil Jatim 1, wilayah pemilihan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo menempatkan sejumlah nama tokoh politik baik petahana maupun pendatang baru yang akan maju pada pencalonan pada bulan Februari tahun 2024 tersebut.

Politisi PDI Perjuangan yang juga Mantan Wali Kota Surabaya Bambang DH, menduduki peringkat pertama elektabilitas Dapil Jatim 1, disusul Politisi PKB, Saikhul Islam di peringkat ke 2 kemudian cucu Presiden Pertama RI, Puti Guntur Soekarno di peringkat ke 3. 

Dalam rilis survei ARCI kali ini, Politisi Partai Gerindra, Ir Bambang Haryo Soekarno atau BHS elektabilitasnya naik signifikan dan berada di urutan no 4, disusul politisi senior Partai Golongan Karya, Adies Kadir di urutan 5.

Direktur-Accurate-Research-b.jpg

Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt mengungkapkan jika ada  fenomena anjloknya Caleg petahana di Dapil Jatim, seperti Anggota DPR RI dari Geribdra, Rahmat Muhajirin dengan persentase 2,8 persen yang hanya berada di urutan ke 7 di bawah Polisi PAN, Sungkono.

Indah Kurnia di urutan ke 8 dengan 2,3 persen disusul peringkat 9 politisi PAN, Sigit Soisantomo sebesar 2,1persen. Sementara Anggota DPR RI dari PKB yakni Arzeti Bilbina dengan 1,9 persen di urutan 10, kemudian Anggota DPR RI dari Demokrat Lucy Kurniasari dengan 1,5 persen di urutan ke 11.

Menurut Baihaki, fenomena Caleg Petahana Anjlok kalah elektabilitas dengan Caleg Baru ini patut diwaspadai, jika lengah maka di pemilu 2024 di Dapil Jatim 1 banyak Caleg Petahana yang digantikan Caleg Baru.

"Contoh saja, Partai Gerindra bisa mendapat 2 kursi di DPR RI dapil Jatim jika BHS dan Rahmat Muhajirin terus genjot popularitas mereka, tetapi jika lengah maka Petahana akan tergantikan pastinya," paparnya pada TIMES Indonesia.

Berikut rilis hasil survei ARCI untuk DPR RI Dapil 1, pemilihan Kota Surabaya dan Sidoarjo. 

  1. Bambang DH   8,6 persen
  2. Saikhul Islam    8,2 persen
  3. Puti Guntur Soekartono 7,4 persen
  4. Bambang Haryo Soekartono 6,9 persen
  5. Adies Kadir 5,2 persen
  6. Sungkono 3,2 persen
  7. Rahmat Muhajirin 2,8 persen
  8. Indah Kurnia 2,3 persen
  9. Sigit Soisantomo 2,1persen
  10. Arzeti Bilbina 1,9 persen
  11. Lucy Kurniasari 1,5 persen
  12. Lita Mahfud Arifin 1,2persen
  13. Andi Budiman 0,8 persen
  14. Vincensius Away 0,5 persen
  15. Habiburahman 0,3 persen
  16. Tidak Tahu/Tidak Menjawab 47,1 persen

Baihaki menambahkan jika Populasi Survei ARCI dilakukan di seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih pada Pemilu mendatang, dan berumur 17 tahun atau sudah menikah di wilayah pemilihan Dapil Jatim 1 yakni Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Dari populasi yang di pilih secara random atau Multistage Random Sampling sebanyak 1200 responden. Dengan marging of eror sebesar kurang lebih 3 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh tim Surveyer ARCI yang terlatih. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen, kemudian sampel (responden) didatangi kembali oleh Supervisor atau Spot Chek dalam kualiti kontrol dan tidak ditemukan kesalahan berarti.

"Survei wawancara langsung di lapangan yang dilakukan ARCI sejak 11 April hingga 25 April 2022 tersebut," imbuh Baihaki. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES