Politik

Rakernas PAN Rekomendasikan 9 Nama Calon Presiden Pada Pemilu 2024

Minggu, 28 Agustus 2022 - 00:31 | 27.08k
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ditemui pasca menutup rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). (FOTO: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan ditemui pasca menutup rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). (FOTO: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hasil Rapat Kerja Nasional Partai Amanat Nasional (Rakernas PAN) mengeluarkan 9 nama yang direkomendasikan sebagai Calon Presiden yang diusung pada pemilu 2024 mendatang.

9 nama tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam rakernas yang diselenggarakan di Istora Senayan, Sabtu (27/8/2022).

"Mekanisme demokrasi yang dijalankan partai amanat nasional adalah melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai, yaitu di rapat kerja daerah (rakerda) PAN di 514 kabupaten atau kota," ucap Zulkifli Hasan saat membacakan usulan tersebut.

Menurutnya, dalam program PAN Memilih ini, proses penjaringan yang dilakukan sangat demokratis dan tidak ada paksaan atau tekanan pihak manapun.

"Semua kader dapat mengusulkan aspirasi rakyat melalui forum rakerda. Setelah itu, hasil keputusan rakerda PAN dibawa ke tingkat rapat kerja wilayah (rakerwil) di 34 provinsi. Suasananya sungguh dinamis dan demokratis," ujarnya.

"Keindahan dalam perdebatan dan kebebasan berpendapat mewarnai proses itu. Selanjutnya, hasil rakerwil pan di bawa ke rapat kerja nasional (rakernas) PAN, hari ini," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menerangkan untuk klaster Ketua Umum atau elite politik, partainya merekomendasikan Airlangga Hartarto, Puan Maharani, Suharso Monoarfa serta dirinya sendiri yang masuk dalam daftar klaster tersebut.

"Pertama, PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Oleh karena itu, semua ketua-ketua partai dalam KIB bisa didorong, satu Zulkfili Hasan, terima kasih. Kader pasti ingin ketumnya. KIB itu ada 3, kedua Golkar, diusulkan beberapa DPW Pak Airlangga untuk jadi capres, ketiga Pak Suharso Monoarfa dari PPP, Satu lagi pimpinan PDIP Bu Puan Maharani. Itu dari parpol ya," terangnya.

Sementara untuk klaster Menteri, usulannya yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) Erick Thohir. Zulhas mengungkapkan, kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Erick Thohir untuk maju dalam pilpres 2024 mendatang.

Terakhir, Zulhas membeberkan untuk klaster kepala daerah. Dalam klaster ini PAN mengusulkan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan  Khofifah Indar Parawansa.

"Demikianlah usulan PAN, ada 9 nama yang kami usulkan. Nama-nama yang telah disebutkan tadi," tandas Zulhas dalam menyampaikan nama-nama yang direkomendasikan partainya untuk pemilu 2024 dalam Rakernas PAN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES