Politik

Suvei ARCI: Simulasi Duet Khofifah-Fauzi Berpeluang Besar Menang

Senin, 19 September 2022 - 08:15 | 15.14k
Suvei ARCI: Simulasi Duet Khofifah-Fauzi Berpeluang Besar Menang
Direktur ARCI Baihaki Siratj saat paparan survei dan simulasi pasangan Pilgub Jatim 2024, Senin (19/9/2022).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Hasil simulasi survey Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh suara cukup besar seandainya Pemilhan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur digelar saat ini.

Berdasarkan simulasi tertutup tiga pasangan oleh ARCI, duet Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh dukungan 40,1 persen, disusul pasangan Emil Elestianto Dardak-Fauzan Fuadi 17,2 persen, pasangan Heru Tjahjono-Eri Cahyadi 10,5 persen, sedangkan yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 32,2 persen.

Direktur ARCI Baihaki Siratj mengatakan, duet Khofifah-Fauzi mempunyai peluang cukup besar jika digandengkan dalam simulasi pasangan Pilgub. Faktor itu dipengaruhi karena bupati Sumenep itu adalah toko milenial berprestasi yang punya basis massa cukup besar.

"Karena harus bergandengan milineal, terutama PDIP dan tokohnya ada pada mas Fauzi, itu bisa mendongkrak perolehan suara," katannya disela rilis survey ARCI, di Surabaya, Senin (19/9/2022).

Menurut Baihaki, alternatif itu merupakan pilihan politik paling realistis, seandainya duet Khofifah-Emil tidak berlanjut di Pilgub Jatim 2024 mendatang. Khofifah harus mencari kader dari PDIP untuk mengamankan suara nasionalis dan di Madura.

"Seandainya melepas Emil, maka harus mengambil sosok PDIP yang milenial dan punya prestasi," jelasnya.

Pada simulasi nama Cawagub, kata Baihaki, elektabilitas Achmad Fauzi juga terus mengalami kenaikan, yakni 4,7 persen, sedangkan pada survey periode sebelumnya, bupati berciri khas menggunakan blangkon itu hanya 2,08 persen.

"Tokoh muda yang punya elektabilitas tinggi seperti Emil Elestianto Dardak dan Achmad Fauzi sangat berpotensi untuk dijadikan calon Wakil Gubernur," tutupnya.

Achmad Fauzi merupakan Politikus PDI Perjuangan yang menjabat sebagai Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur periode 2021-2024.

Fauzi akrab disapa berpasangan dengan Hj Dewi Kholifah sebagai wakilnya untuk memimpin Kabupaten Sumenep selama 4 tahun kedepan.

Sebelumnya, pada periode 2016-2021, Achmad Fauzi pernah menjabat sebagai Wakil Bupati mendampingi Bupati Sumenep KH. A Busyro Karim.

Achmad Fauzi diketahui merupakan putra pertama dari Achmad Slamet Wongsoyudo, seorang mantan aktivis GP Ansor Sumenep di zamannya.

Survey Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh suara cukup besar seandainya Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur digelar saat ini.

Sekadar diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 5-12 September. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Survei ini memiliki margin of eror sebesar -+2,8 Persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Achmad Fauzi Viral Berkat Mobil Listrik

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi baru-baru ini juga viral karena merupakan satu-satunya kepala daerah di Jatim yang telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya.

Bahkan jauh sebelum Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbsis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ditandatangani pada 13 September 2022 lalu.

Bupati berciri khas menggunakan blangkon itu diketahui mengendarai mobil listrik Hyundai Ionic berpelat M 1 VP.

Diakui Bupati Fauzi, sejak Presiden Jokowi menekan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dirinya sangat antusias ikut mensosialisasikan agar penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai ini lebih masif

"Sudah satu tahun lebih kami konsisten dalam mendorong era kendaraan listrik serta penggunaannya," urainya.

Tidak hanya kendaraan roda empat, Bupati Fauzi juga telah memulai transisi penggunaan kendaraan roda dua bertenaga listrik untuk operasional kecamatan dan desa.

"Motor listrik sudah mulai kita uji coba di beberapa kecamatan dan desa, kedepan kita akan perkuat infrastukturnya," terangnya.

Selain di instansi pemerintahan, Bupati Fauzi juga getol mengkampanyekan penggunaan mobil dan motor listrik kepada masyarkat luas. Hal ini dilakukan semata untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan teknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan dan biaya operasional yang ramah di kantong.

Bahkan Bupati Fauzi sedari awal meyakini akan kenaikan harga BBM, sehingga, penggunaan kendaraan listrik menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

"Kita sudah mulai mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan mobil listrik satu tahun yang lalu, ini bagian dari upaya kita dalam rangka ramah lingkungan. Dan Alhamdulillah di Sumenep sudah banyak yang pakai sepeda motor listrik," ujarnya.

Maka tak salah jika Survey Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyebutkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi memperoleh suara cukup besar seandainya Pemilhan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur digelar saat ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

KOPI TIMES