Politik

Partai Baru dan Lama Dapil Sumsel Siap Bersaing di Pileg 2024

Jumat, 21 Oktober 2022 - 13:35 | 20.80k
Partai Baru dan Lama Dapil Sumsel Siap Bersaing di Pileg 2024
Partai Gelora Sumsel saat dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Sumsel dan Bawaslu Sumsel (Foto : Erza for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Persaingan kursi DPR RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Sumatera Selatan (Dapil Sumsel) I dan II semakin kompetitif. Tidak hanya partai lama peraih kursi, partai baru pun siap menambah persaingan perolehan kursi. 

Salah satu partai baru, Pertai Gelora menyatakan siap berkompetisi untuk meraih kursi DPR RI dapil Sumsel I dan Sumsel II. "Kita masing-masing dapil menargetkan 1 kursi untuk DPR RI,"ungkap Ketua DPW Gelora Sumsel Erza Saladin kepada TIMES Indonesia, Jumat (21/10/2022).

Menurutnya, Partai Gelora secara nasional menjadi partai baru yang memenuhi syarat berdasarkan verifikasi faktual. DPW Partai Gelombang Rakyat Indonesia Sumsel juga sudah dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Propinsi dan Bawaslu Sumsel atas kepengurusan dan kantor. 

"Setelah dilakukan verifikasi faktual dinyatakan memenuhi syarat (ms) kepada kantor DPW dan kepengurusannya dengan ini kami nyatakan memenuhi syarat," ungkap Mantan Anggota DPRD Sumsel ini.

Pihaknya bersyukur atas sudah dinyatakannya MS terhadap kantor dan kepengurusan DPW Gelora Sumsel. "Kami berharap seluruh fungionaris DPW, DPD, DPC dan kader se Sumsel semua bisa turut serta menyukseskan verifikasi faktual ini ditahapan verfak keanggotaan," terang eks politisi PKS ini.

Dia sangat optimistis Partai Gelora dinyatakan sebagai peserta pemilu dan siap bersaing politik di Pemilu Legislatif 2024. "Kita akan siapkan dan optimalkan bakal calon legislatif (bacaleg) diberbagai level terutama DPR RI kita targetkan 1 kursi 1 dapil," ujar mantan Ketua DPW PKS Sumsel ini.

Tidak hanya partai baru, partai lama juga siap bersaing di pileg 2024 Dapil Sumatera Selatan. Seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumsel yang siap menarget raihan kursi disetiap dapil.

"PKB menarget tiga kursi untuk DPR RI dapil 1 dan 2 Provinsi Sumsel," ungkap Ketua LPP PKB Provinsi Sumsel Hernoe Roesprijadji kepada TIMES Indonesia.

Dapil-Sumsel.jpg

Menurut Hernoe, saat ini PKB untuk DPR RI pada pileg 2019 hanya meraih 1 kursi dari dapil II. Sementara dapil I tidak memperoleh kursi. "Pileg 2024 PKB yakin setiap dapil dapat memperoleh kursi minimal 1 kursi DPR RI," terang tokoh NU Sumsel ini.

Untuk mempersiapkan target tersebut, LPP PKB se Sumsel terus melakukan konsolidasi internal. "Kita juga mempersiapkan rekruitmen caleg berkualitas untuk bisa bersaing di setiap dapil di wilayah Sumsel," ujar Abah sapaan akrabnya.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun TIMES Indonesia, jumlah pemilih Dapil 1 Sumsel yang meliputi Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau sebanyak 2.792.593 mata pilih dengan kursi yang diperebutkan sebanyak 8 kursi.

Pada pemilu 2019 lalu, Partai Gerindra menjadi satu-satunya partai yang berhasil meraih 2 kursi di dapil ini. Sementara kursi lain diperoleh partai Golkar, Nasdem, PDIP, PAN, Demokrat dan PKS.

Sementara itu jumlah pemilih di dapil II yang meliputi Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, OKU Induk, OKU Timur, OKU Selatan, Kota Prabumulih, Kabupaten Pali, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Kota Pagaralam sebanyak 3.109.939 mata pilih dengan jumlah kursi yang diperebutkan sebanyak 9 kursi.

Dari dapil ini pada pileg 2019 lalu, 2 partai berhasil meraih kursi yakni Partai Golkar dan Partai Nasdem. Sedangkan 1 kursi lainnya diraih oleh PDIP, PKB, Gerindra, PAN dan Demokrat.

Pada pileg 2019 berdasarkan perhitungan Sainte Lague yang mengatur pembagian kursi, perolehan kursi di Dapil Sumsel diperkirakan dibutuhkan suara sebanyak 124 ribu. Sementara, untuk pemilu 2024 akan datang setiap kursi dibutuhkan suara minimal sekitar 135 ribu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES