Politik

Hasil Survei ARCI: PDIP Teratas, Golkar Merangsek ke Tiga Besar di Jatim

Jumat, 24 Februari 2023 - 20:19 | 49.44k
Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siratj saat paparan hasil survei elektabilitas parpol di Jatim, Jumat (24/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siratj saat paparan hasil survei elektabilitas parpol di Jatim, Jumat (24/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Lembaga Survei Accurate Research and Consulting Indonesia atau ARCI kembali memaparkan hasil survei terbaru. Antara lain elektabilitas partai politik di Jawa Timur setahun jelang pemilihan legislatif. 

Dari hasil survei tersebut, PDI Perjuangan (PDIP) kini berada di urutan wahid dengan perolehan elektabilitas 16,7 persen. 

Direktur ARCI Baihaki Siratj mengatakan, posisi PDIP berhasil menggeser Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nilai 15,4 persen yang kini harus pasrah sementara waktu di tangga kedua menggantikan banteng.

"Dari temuan survei kami di bawah, PDIP kini menjadi parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim. Tiga bulan lalu masih PKB, kini PDIP," kata Direktur ARCI Baihaki Siraijt ketika menggelar press conference hasil survei di Kawasan Gayungan Surabaya, Jumat (24/2/2023) petang. 

Baihaki mengakui memang terjadi perubahan dari survei tiga bulan sebelumnya. Karena data juga mengungkap temuan mengejutkan ketika Partai Golkar cenderung mengalami tren kenaikan bahkan menyalip Partai Gerindra. 

Sedangkan komposisi lima besar dilengkapi oleh Partai Demokrat. Elektabilitas partai berlambang Mercy di Jatim sebesar 10,7%.

Dari semua data di atas, Baihaki menguak kembali fenomena pergeseran elektabilitas Golkar di Jatim. 

"Pada tiga bulan lalu, Golkar berada di peringkat ke-4, kini ada di tiga besar dengan elektabilitas 12,9 persen menyalip Gerindra yang memiliki elektabilitas 12,3 persen," terang Baihaki Siratj. 

Sekali lagi, Baihaki menegaskan bahwa posisi Golkar merangsek ke tiga besar parpol dengan elektabilitas tinggi di Jatim merupakan sebuah kejutan.

Direktur-ARCI-Baihaki-Sirajt-a.jpgDirektur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Siratj, Jumat (24/2/2023).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

"Kejutan Golkar masuk ke tiga besar menyalip Gerindra. Karena sebelumnya berada di peringkat 4 dan setahun lalu masih di peringkat ke-5," jelasnya. 

Lantas, faktor apa yang membuat elektabilitas PDIP dan Partai Golkar kian meningkat? 

Direktur ARCI Baihaki Siratj menuturkan, PDIP di Jatim memang terus mengekor tren kenaikan elektabilitas partai besutan Megawati itu secara nasional. 

Sementara Golkar mengalami fenomena kenaikan tren hingga menembus tiga besar karena massif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat hingga tingkat bawah. Bahkan, Baihaki menyebut jika Golkar adalah partai paling sibuk. 

"Golkar ini termasuk partai paling sibuk selama beberapa tahun ini. Golkar menggaet anak-anak muda yang potensial di Jatim, dan gencarnya mereka sosialisasi ke bawah," sambung Baihaki. 

Sebagai tambahan informasi, Survei ARCI dilakukan pada 9 Februari 2023-17 Februari 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 3,0%.

Berikut hasil survei ARCI elektabilitas parpol di Jatim: 

1. PDI Perjuangan: 16,7%
2. PKB: 15,4%
3. Golkar 12,9%
4. Gerindra: 12,3%
5. Demokrat: 10,7%
6. NasDem: 5,2%
7. PPP: 3,9%
8. Perindo: 3,7%
9. PKS: 3,1%
10. PAN: 3,1%
11. Hanura: 1,4%
12. PSI: 1,2%
13. PBB: 1,2%
14. Ummat: 1,2%
15.Gelora: 0,7%
16. PKN: 0,5%
17. Garuda: 0%
Tidak menjawab/tidak mengetahui: 7,1%

Berdasarkan hasil survei ARCI di atas, PDI Perjuangan (PDIP) bertengger pada urutan puncak dengan perolehan elektabilitas 16,7 persen. Kemudian menyusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nilai 15,4 persen dan Golkar 12,9 persen sebagai partai tiga besar peraih angka elektabilitas tertinggi di Jatim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES