Politik

Hasil Survei ARCI, Prabowo Subianto Bakal Menang di Jatim

Jumat, 24 Februari 2023 - 23:31 | 97.27k
Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei kandidat calon presiden pilihan publik di Jatim, Jumat (24/2/2023) petang.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 
Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei kandidat calon presiden pilihan publik di Jatim, Jumat (24/2/2023) petang.(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto melesat mengungguli kandidat populer lain di Jatim berdasarkan hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Direktur ARCI Baihaki Sirajt dalam paparan survei mengatakan, elektabilitas Prabowo bertengger pada posisi puncak sebagai kandidat calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

"Prabowo masih teratas soal elektabilitas capres di Jatim. Ganjar Pranowo kedua dan Anies Baswedan ketiga," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Kawasan Gayungan, Surabaya, Jumat (24/2/2023). 

Data Survei ARCI mencatat elektabilitas Prabowo Subianto berada di angka 19,4 persen. Kemudian disusul oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebesar 17,6 persen dan Anies Baswedan pada posisi ekor tiga besar di angka 15,7 persen. 

Ada sejumlah faktor yang membuat Prabowo melesat di Jatim. Direktur ARCI Baihaki Siratj menyebut jika manuver Menteri Pertahanan RI tersebut telah berhasil merebut simpati publik. Antara lain ketika ia meluangkan waktu berkeliling dan secara khusus bertemu para ulama khos asal Jatim beberapa waktu lalu. 

"Kita ingat beberapa bulan lalu Pak Prabowo bertemu para ulama khos Jatim. Dan itu manuver yang cukup berpengaruh, mengingat pemilih dari kalangan Nahdliyin cukup dominan di Jatim," jelas Baihaki Siratj. 

Faktor lain adalah kehadiran Prabowo pada acara Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Gelora Delta Sidoarjo. 

Berbalik dengan Ganjar, Baihaki Siratj mengatakan, tren elektabilitas Ganjar memang mengalami penurunan. Karena tiket menuju Pilpres 2024 bagi Ganjar Pranowo masih abu-abu atau samar. Meskipun ia sudah berupaya melakukan aksi turun ke bawah dan menggencarkan media sosial, namun tiket untuknya sampai kini masih belum dalam genggaman tangan. 

"Ganjar masih belum jelas apakah akan mendapat tiket ke Pilpres 2024 atau tidak," tandas Baihaki. 

"Sementara Prabowo dan Anies sudah deklarasi akan maju capres. Bedanya Prabowo sudah diingat oleh masyarakat Jatim, sementara Anies ini kan masih baru kalau di Jatim," kata Baihaki menambahkan. 

Selain nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga melengkapi posisi 4 besar sebagai kandidat capres pilihan publik di Jatim. 

Hal itu kata Baihaki karena faktor masih menjabat sebagai orang nomor satu di provinsi ujung timur Pulau Jawa ini. 

Sebagai informasi, Survei ARCI sendiri dilakukan pada 9 Februari 2023-17 Februari 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut elektabilitas Capres di Jawa Timur berdasarkan survei ARCI:

1. Prabowo Subianto: 19,4%
2. Ganjar Pranowo: 17,6%
3. Anies Baswedan: 15,7%
4. Khofifah Indar Parawansa: 7,3%
5. Muhaimin Iskandar: 7,2%
6. Mahfud MD: 7,1%
7. Erick Thohir: 5,4%
8. Puan Maharani: 4,2%
9. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 3,5%
10. Airlangga Hartarto: 2,9%
11.  Ridwan Kamil: 2,3%
12. Sandiaga Uno: 2,1%
13. Andika Perkasa: 2,1%
Tidak menjawab/tidak tahu: 3,2%

Dari data di atas, nama Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto melesat mengungguli kandidat populer lain di Jatim berdasarkan hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI). Kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES