Politik

Dibuka! Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur Zona 4, Catat Jadwal dan Caranya

Sabtu, 27 Mei 2023 - 09:52 | 138.96k
Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur Zona 4.
Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur Zona 4.

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Zona 4 resmi membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota untuk masa jabatan 2023-2028. Pendaftar terpilih akan bertugas di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten/Kota Pasuruan, dan Kota/Kabupaten Probolinggo.

Menurut Ketua Tim Seleksi, Moh. Ilyas Rolis MSi pendaftaran ini dibuka berdasarkan Keputusan Bawaslu Nomor: 176/HK.O1.01/K1/O5/2023 dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. "Kami memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri," kata Ilyas.

Tahapan dan Jadwal Pendaftaran

Tahapan-dan-Jadwal-Pendaftaran.jpg

Calon anggota Bawaslu diharapkan memiliki integritas, kompetensi dan profesionalisme dalam kepengawasan pemilihan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Selengkapnya download di sini:

Pendaftaran dibuka mulai 29 Mei hingga 7 Juni 2023, diikuti oleh masa perbaikan berkas hingga 10 Juni, dan perpanjangan masa pendaftaran hingga 15 Juni.

Proses selanjutnya mencakup penelitian dan seleksi berkas administrasi pada 20 Juni, tes tertulis dan psikologi pada 21–28 Juni, dan pengumuman lulus tes tulis dan psikologis pada 3 Juli.

Tahapan berikutnya termasuk masukan dan tanggapan masyarakat (20 Juni – 7 Juli), tes kesehatan (4–6 Juli), wawancara (7–12 Juli), dan pengumuman hasil tes pada 17 Juli. Nama calon anggota Bawaslu akan diumumkan pada 24–25 Juli, diikuti oleh uji kepatutan dan kelayakan hingga 2 Agustus, dan pengumuman calon anggota Bawaslu terpilih pada 12 Agustus.

Cara Mendaftar Bawaslu

Untuk mendaftar, calon peserta harus melakukan pendaftaran online melalui aplikasi Mr. Bawaslu https://sdmod.bawaslu.go.id/ dengan melampirkan bukti yang mendukung kompetensi mereka.

Formulir dan berkas administrasi dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi, Jalan Taman Pinang Indah Nomor B3/11, Jetis, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, atau diunduh dari situs Bawaslu https://bawaslu.go.id/, Bawaslu Jawa Timur https://jatim.bawaslu.go.id/, dan situs Bawaslu Kota dan Kabupaten masing-masing.

Dokumen pendaftaran harus dikumpulkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Hardcopy dapat dikirim melalui pos kilat atau diserahkan langsung ke sekretariat tim seleksi, sedangkan softcopy dapat dikirim melalui email ke [email protected] dengan format file winrar. 

Pendaftaran tanpa Dipungut Biaya

Pendaftaran Bawaslu tanpa dipungut biaya. "Jika ada permintaan biaya dari siapapun itu ilegal, segera laporkan ke kami," tegas Ilyas.

Bagaimana pendaftaran yang berupa hardcopy? Pendaftaran hardcopy dibuat masing-masing rangkap 3 (tiga). Terdiri dari 1 (satu) asli dan 2 (dua) fotocopy.

Waktu penerimaan pendaftaran mulai Senin 29 Mei 2023 s.d Rabu 07 Juni 2023 (hari kerja). Sedang untuk penerimaan berkas yang diantar langsung maksimal pelayanan pada pukul 16.00 WIB sedangkan untuk berkas yang dikirim melalui email diterima paling lambat tanggal 07 Juni 2023 pukul 23.59 WIB dan untuk berkas yang dikirim melalui pos kilat paling lambat dilihat dari cap pos pada tanggal 07 Juni 2023.

"Pendaftar wajib memastikan kelengkapan pendaftaran dengan mengisi dan menandatangani formulir ceklist yang telah disediakan oleh panitia, serta telah mendapatkan tanda terima dari aplikasi Mr. Bawaslu."

Jika ada kesulitan dalam mendaftar dapat menghubungi Sekretariat Tim Seleksi Zona 4 (082219580397). "Ingat, pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya," tegas Ilyas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES