Politik

Meneropong Popularitas Prabowo, Ganjar dan Anies di Mata Ormas Islam, Siapa Paling Unggul?

Selasa, 19 September 2023 - 19:12 | 65.28k
Tiga bakal capres yang diprediksi berkompetisi pada pilpres nanti, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: TIMES Indonesia)
Tiga bakal capres yang diprediksi berkompetisi pada pilpres nanti, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Popularitas menjadi salah satu indikator Bakal Calon Presiden untuk berkontestasi di Pilpres 2024. Lalu siapa paling unggul diantara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terutama di mata ormas Islam?

LSI Denny JA merilis survei terbaru terutama tingkat popularitas dan kesukaan 3 bacapres tersebut dari sisi ormas Islam. Pada survei kali ini, ada warga yang mengaku dari unsur NU, Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya yang memberikan jawaban.

Hasilnya, nama Prabowo Subianto menjadi nama paling populer di mata ormas Islam. Di basis pemilih NU, popularitas Prabowo mencapai 98%. Sementara Ganjar Pranowo 85,9% dan Anies Baswedan 87,4%.

Tidak hanya di basis NU, Prabowo Subianto juga populer di kalangan Muhammadiyah. Bahkan tingkat popularitasnya mencapai 100%. Sementara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berada di angka yang sama yaitu 92,5%.

Sementara untuk basis pemilih yang tidak bergabung dengan NU dan Muhammadiyah, dua bacapres Prabowo dan Anies tingkat popularitasnya mencapai 100%. Sementara Ganjar hanya 90,5%.

Lalu bagaimana dengan tingkat kesukaan pemilih ormas Islam kepada tiga bacapres itu? LSI Denny JA menemukan fakta menarik. Di pemilih basis NU, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersaing ketat. Prabowo masih unggul dengan 79,4%, sementara Ganjar Pranowo 79,2%. Lalu bagaimana dengan Anies? Meski sudah menggandeng Muhaimin Iskandar yang dianggap sebagai representasi NU, namun tingkat kesukaan pemilih NU masih berkisar di angka 72,6%.

Nama Prabowo Subianto juga masih unggul di pemilih berbasis Muhammadiyah. 65% mengaku suka dengan Prabowo. Sementara untuk Ganjar dan Anies angkanya sama 62,2%. Nama Prabowo Subianto masih unggul di pemilih non NU dan Muhammadiyah. Dia bersama Anies Baswedan mendapat tingkat kesukaan mencapai 95,2%. Sementara Ganjar Pranowo hanya 89,5%.

Dari survei yang dilakukan oleh LSI Denny JA ini menunjukkan bahwa keputusan Anies Baswedan menggandeng Muhaimin Iskandar belum terlalu berdampak signifikan pada popularitasnya di pemilih NU. Justru Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang bersaing ketat. Nama Anies populer di kalangan Muhammadiyah dan ormas Islam lainnya.

Ganjar Pranowo juga harus menggenjot popularitas di kalangan pemilih ormas Islam. Dia tidak pernah unggul di pilihan manapun. Sementara Prabowo Subiantocukup aman di pemilih ormas Islam sebab dia dinilai populer dan disukai baik oleh pemilih NU, Muhammadiyah ataupun ormas Islam lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES