Politik

Tetap Fokus Nyaleg DPR RI, Rukmini Juga Siap Maju di Pilwali Kota Probolinggo 2024

Kamis, 05 Oktober 2023 - 20:04 | 124.97k
Rukmini ditemani Ina Buchori saat menjalin silaturahmi dengan sejumlah awak media. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)
Rukmini ditemani Ina Buchori saat menjalin silaturahmi dengan sejumlah awak media. (Foto: Rizky Putra Dinasti/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Mantan Walikota Probolinggo, Rukmini, yang kini terdaftar sebagai Bacaleg DPR RI dari Partai NasDem, menegaskan komitmennya untuk ikut serta dalam Pilkada mendatang sebagai Calon Walikota Probolinggo. Ia menyampaikan hal ini saat bertemu dengan rekan-rekan media, Kamis (5/10/2023) di Rumah Makan Cak Mangun, Kota Probolinggo.

Rukmini, yang didampingi oleh anaknya, Ina Dwi Lestari atau Ina Buchori, yang juga menjadi Bacaleg DPRD Provinsi Jatim, menyatakan bahwa ia akan menjalani pencalonannya di DPR RI sesuai dengan amanah dari Partai NasDem dengan serius. Bahkan, menurutnya, ia sudah beberapa kali melakukan turba terkait pencalonannya tersebut.

Kendati demikian, saat disinggung mengenai Pilkada pada Pemilu 2024, Rukmini tetap optimis untuk berpartisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi tersebut.

“Untuk jadi N1 (Walikota Probolinggo), tetap. Namun Prosesnya kan masih September 2024. Sehingga saat ini masih fokus pada Bacaleg DPR RI yang akan berlangsung Februari mendatang,” ujar mantan Wali Kota Probolinggo satu priode ini.

Ditanya tentang koalisi pusat untuk Pilpres mendatang, di mana PKB berkoalisi dengan NasDem, apakah ini akan memengaruhi Pilkada? Menurut Rukmini, keduanya merupakan hal yang berbeda. Namun, ia tetap akan menunggu keputusan dari pusat terkait hal tersebut.

Dalam dinamika politik daerah, partai dengan 6 kursi atau lebih seperti PKB, Golkar, dan PDI Perjuangan selalu mengusung calon Wali Kota mereka sendiri dalam Pilkada, sementara partai lain, termasuk NasDem yang hanya memiliki tiga kursi, memerlukan perjuangan keras dari Rukmini untuk bisa berlenggang dalam kontestasi Pilkada 2024.

“Yang pertama harus yakin dulu. Jadi sampai sejauh ini kami yakin jika NasDem bisa mendapatkan minimal 1 kursi di setiap kecamatan,” ujar Rukmini ketika ditanya mengenai kemungkinan mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES