Politik

KPU Kota Malang Temukan Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 Rusak

Rabu, 10 Januari 2024 - 16:50 | 22.92k
Ilustrasi surat suara. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi surat suara. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah menerima lima jenis surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Total surat suara yang diterima, sebanyak 665.888 surat suara untuk masing-masing jenis.

665.888 surat suara yang diterima tersebut, meliputi pemilihan DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas membenarkan bahwa pihaknya telah menerima 665.888 surat suara tersebut. Namun, dari total itu sebanyak 1.224 surat suara ditemukan rusak oleh KPU Kota Malang.

Kerusakan ini, dinilai masih tergolong kerusakan teknis dan tergolong wajar. Kerusakan tersebut, dikarenakan sobek, berlubang, salah potong dan cetak atau sablon bagian depan tidak ada.

"Semua surat suara sudah terlipat, jumlah masing-masing jenis itu ya memang ada yang rusak dan ada yang kurang," ujar Aminah, Rabu (10/1/2024).

Setelah adanya temuan kerusakan tersebut, KPU Kota Malang segera mengembalikan dan mengajukan penggantian surat suara kepada penyedia.

"Surat suara yang rusak, kita kumpulkan dan kita laporkan. Jadi kerusakan itu kita hitung yang diterima berapa, kemudian yang rusak berapa," ungkapnya.

Aminah memastikan, dalam Minggu ini surat suara yang rusak tersebut segera dilakukan pergantian. Dengan begitu, nantinya tidak akan menggangu jalannya proses pesta demokrasi.

"Berikutnya, kekurangan itu ditotal, yang rusak sama yang kurang ini dimaksudkan dalam daftar silog. Kemudian itu yang menjadi dasar bagi KPU Kota Malang untuk meminta ke penyedia," tuturnya.

Setelah surat suara pengganti datang, maka petugas dari KPU Kota Malang akan melakukan pengecekan ulang guna memastikan tidak ada kerusakan lagi.

"Surat suara yang siap pakai saat ini telah dipilah menjadi lima bagian sesuai dengan jumlah daerah pemilihan (dapil) di Kota Malang," tandasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES