Politik

Malang Berdaya Gagasan Yani Wijaya Baihaqi Dukung Lima Tujuan SDGs

Minggu, 14 Januari 2024 - 03:58 | 29.92k
Yani Wijaya Baihaqi, eksekutif bisnis Malang yang konsen kembangkan UMKM. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)
Yani Wijaya Baihaqi, eksekutif bisnis Malang yang konsen kembangkan UMKM. (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kota Malang menjadi saksi dari kegigihan Yani Wijaya Baihaqi dalam menciptakan perubahan positif melalui berbagai inisiatif untuk mendukung Lima Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui program-program inovatifnya, Yani dengan gagasannya Malang Berdaya dapat membentuk fondasi bagi transformasi di sektor-sektor kunci yang berkaitan dengan tujuan SDGs. Mulai dari pengentasan kemiskinan hingga penciptaan lapangan pekerjaan layak.

Tujuan pembangunan berkelanjutan atau secara global dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan upaya pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara persisten.

Juga, menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, dengan tetap menjaga kualitas lingkungan hidup dan memastikan adanya keadilan dan tata kelola yang baik untuk menjaga peningkatan kualitas hidup masyarakat dari generasi ke generasi.

SDGs merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan dan sasaran global tahun 2030 yang dideklarasikan baik oleh negara maju maupun negara berkembang di Sidang Umum PBB pada September 2015.  

Ke-17 Tujuan tersebut yaitu: (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan;

Lalu, (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Yani Wijaya Baihaqi, tokoh muda yang penuh gagasan di kota Malang, telah menciptakan berbagai inisiatif untuk mendukung pencapaian Lima Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dengan fokus pada SDG 1 hingga SDG 8, Yani telah mengembangkan program-program inovatif untuk membawa perubahan positif di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Yani Wijaya Baihaqi, tokoh muda malang dan  founder dan owner CV. Yada Wasista Wijaya telah menciptakan berbagai inisiatif untuk mendukung pencapaian Lima Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Yani  telah melakukan serangkaian program pengentasan kemiskinan yang tidak hanya memberikan bantuan langsung kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan, tetapi juga memberikan dorongan moral untuk terus berjuang melawan ketidaksetaraan sosial. Upaya ini menjadi cikal bakal bagi transformasi lebih lanjut di tengah komunitas yang sering diabaikan.

Dalam upayanya mendukung SDGs ke 3, Yani merangkul pendekatan holistik untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan meluncurkan kampanye kesehatan yang melibatkan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis, Yani bertujuan untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kesehatan dan kesejahteraan. 

"Melalui kesadaran akan pentingnya hidup sehat, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih tangguh dan berdaya saing," ujarnya. 

Untuk mendukung SDGs ke 4, Yani Wijaya Baihaqi telah mendirikan pusat pendidikan alternatif, menggarisbawahi pentingnya memberikan akses pendidikan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat. 

"Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih baik, dan tidak seharusnya menjadi hak istimewa beberapa orang saja," ujarnya. 

Pada sektor energi, Yani memberikan kontribusi signifikan dengan meluncurkan proyek energi terbarukan, memastikan bahwa akses energi bersih dan terjangkau tidak lagi menjadi mimpi belaka. 

"Energi bersih adalah langkah strategis kita untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan keberlanjutan," sambungnya. 

Terakhir, untuk mendukung SDGs ke 8, Yani terlibat dalam memberdayakan masyarakat melalui pelatihan keterampilan dan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah. 

"Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi lokal adalah fondasi bagi stabilitas sosial dan kemajuan komunitas kita," kata dia. 

Dengan semua ini, Yani Wijaya Baihaqi telah membuktikan bahwa satu individu dengan gagasan yang kuat dapat menjadi katalisator untuk perubahan positif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di tingkat lokal.

Harapannya, inisiatif-insiatif yang dipimpinnya akan menginspirasi banyak orang untuk ikut ambil bagian dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khoirul Anwar
Publisher : Rifky Rezfany

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES