Politik

Pakar Sebut Tiga Cawapres Hanya Bicara Isu Tanpa Penyelesaian

Senin, 22 Januari 2024 - 09:13 | 6.16k
Anggota HMI Cabang Malang bersama Pakar Sosiologi dan perwakilan masing-masing Paslon saat foto bersama usai nobar Debat Cawapres 2024. (Foto: Dok. HMI Cabang Malang/TIMES Indonesia)
Anggota HMI Cabang Malang bersama Pakar Sosiologi dan perwakilan masing-masing Paslon saat foto bersama usai nobar Debat Cawapres 2024. (Foto: Dok. HMI Cabang Malang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Debat calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, tak terkecuali dari HMI Cabang Malang. Sebab, mereka sukses mengadakan nonton bareng (nobar) debat cawapres terakhir pada, Minggu (21/1/2024) kemarin malam.

Berlokasi di Mifeng Kopitiam, hampir seluruh anggota HMI Cabang Malang hadir. Kemudian ada pula pakar sosiologi hingga perwakilan masing-masing pasangan calon (paslon) di Malang.

Diketahui, debat cawapres antara Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka dan Muhaimin Iskandar merupakan debat terakhir mereka sebelum Pilpres 2024 yang tinggal sebentar lagi.

Dalam nobar tersebut, Pakar Sosiologi sekaligus Sekprodi Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Malang (UMM), Rachmad Dwi Susiloh memgatakan, pada debat tersebut masing-masing Cawapres hanya berkutat dalam isu saja tanpa menyentuh akar dan pengurai permasalahan.

"Debat sebatas pengayaaan isu isu saja. Belum sampai pada permasalahan mendesak dan agenda kebijakan," ujar Rachmad, Senin (22/1/2024).

Permasalahan mendesak hingga agenda kebijakan yang dimaksud adalah kontrak komitmen yang ditawarkan kepada rakyat, strategi penyelesaian terhadap persoalan yang dibahas dalam debat cawapres, yakni masalah lingkungan hingga penyelesaian konkrit terkait iklim dan becana.

"Kalau hanya disuguhi retorika, tidak akan ada perubahan krisis lingkungan yang berarti," tegasnya.

Sementara, Ketua Bidang PPDesa HMI Cabang Malang, Andi Pratama mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya diskusi dan nobar debat cawapres ini untuk kembali mengingatkan dan menyemarakkan semangat Pemilu Damai wilayah Malang Raya.

"Ini kewajiban (semangat pemilu damai) bagi setiap elemen dan kelompok masyarakat di wilayah Malang Raya untuk menjaga kondusifitas Pemilu. Begitu juga bagi HMI Cabang Malang sebagai kelompok sosial kepemudaan yang bergerak melalui tindakan-tindakan Ekstra Parlementer," ungkap Andi.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi fondasi awal bagi partisipasi politik masyarakat, khususnya para pemuda agar bisa lebih baik lagi.

"dari kegiatan ini kami berharap dapat menjadi pemantik api dan semangat partisipasi politik yang lebih besar lagi kobarnya bagi masyarakat di wilayah Malang Raya, khususnya Kota Malang," ucapnya.

Sebagai informasi, Debat Cawapres keempat yang digelar KPU kemarin malam, merupakan debat terakhir bagi para cawapres. Pekan depan, akan diselenggarakan Debat Capres sebagai debat terakhir sebelum kontestasi Pilpres 2024 yang tinggal beberapa minggu lagi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES