Politik

Surya Paloh Respons AMIN dalam Debat hingga Soal Peluang Koalisi

Selasa, 23 Januari 2024 - 19:09 | 17.30k
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat di Kantor DPW Partai NasDem Bali, (23/1/2024).  (FOTO: Dok. DPP NasDem Bali).
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat di Kantor DPW Partai NasDem Bali, (23/1/2024). (FOTO: Dok. DPP NasDem Bali).

TIMESINDONESIA, DENPASARSurya Paloh, Ketua Umum DPP Partai NasDem, memberikan tanggapan positif terhadap penampilan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam keempat debat Pilpres yang baru-baru ini dilaksanakan.

"Pertunjukan ini berjalan baik, meskipun tentu ada kekurangan. Semua pihak berusaha menunjukkan kemampuan dan kehebatan mereka, dan itu hal yang wajar," ucapnya usai memberikan arahan ke DPW Partai NasDem Bali di Denpasar, Selasa (23/1/2024).

Menurut Paloh, perbedaan pernyataan antara Anies Baswedan dengan dua calon presiden lainnya, serta Muhaimin Iskandar dengan dua calon wakil presiden lainnya, adalah hal yang wajar dalam sebuah debat.

"Keberadaan perbedaan itu mencerminkan esensi dari sebuah debat. Ada keinginan untuk membedakan satu sama lain, dan itu sah," jelasnya.

Surya Paloh enggan memberikan penilaian terhadap penampilan calon wakil presiden, Gibran Rakabuming, selama debat. Menurutnya, penilaian sebaiknya ditinggalkan kepada masyarakat yang lebih objektif.

“Saya persilahkan masyarakat yang menilainya, terlalu subjektif jika saya menilainya. Apapun pasti akan dinilai dengan unsur subjektifitas, dan masyarakat kita memiliki kemampuan untuk itu," ujarnya.

Politisi asal Aceh ini sejak awal telah menyatakan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai pilihan terbaik untuk menjadi presiden pada Pemilu 2024. Ia menegaskan komitmen Nasdem terhadap kebangsaan dan pluralisme.

“Kami berjuang sepenuh hati untuk membuktikan bahwa komitmen kebangsaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai pluralisme tidak berhenti pada ucapan-ucapan semata. Kami ingin melaksanakan itu, dan Partai Nasdem akan melaksanakannya,” tegasnya.

Buka Peluang Koalisi

Surya Paloh juga memberikan tanggapannya terkait rumor koalisi baru antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Menurutnya, rencana tersebut akan menambah keceriaan dalam dinamika politik.

"Pasti tambah seru. Belum putaran pertama saja sudah seru, apalagi putaran kedua Pilpres 2024," ungkapnya.

Meskipun ia menyatakan kesiapannya untuk berkoalisi dengan siapa saja dalam Pilpres 2024, termasuk pemilihan dalam dua putaran, Paloh menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada pertemuan atau komunikasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES