Politik Info Pemilu 2024

Hasil Survei 'The Economist, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Kamis, 25 Januari 2024 - 14:11 | 18.49k
Ketiga calon presiden (dari kiri) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan nomor urut 1 Anies Baswedan saat di KPU. (FOTO: Farid Abdullah/TIMES Indonesia)
Ketiga calon presiden (dari kiri) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, nomor urut 2 Prabowo Subianto dan nomor urut 1 Anies Baswedan saat di KPU. (FOTO: Farid Abdullah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Info Pemilu 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, memimpin dalam hasil survei dari media Inggris, The Economist, mengalahkan Ganjar Pranowo (calon presiden nomor tiga) dan Anies Baswedan (calon presiden nomor satu).

Hasil survei dengan judul "Siapa yang Akan Menjadi Presiden Indonesia Berikutnya?" menunjukkan Prabowo memimpin dengan 50 persen, disusul oleh Ganjar di posisi kedua dengan 23 persen, dan Anies menempati urutan terakhir dengan 21 persen.

“Jika tidak ada yang menang lebih dari 50 persen pada putaran pertama, kontestasi akan dilanjutkan pada bulan Juni,” kata The Economist dalam keterangna tertulis yang dikutip TIMES Indonesia pada Kamis (25/1/2024). 

Dari penulusuran TIMES Indonesia, Survei ini merupakan output pemantauan The Economist pada tanggal 16 Januari 2024. Sejak Januari 2023, lembaga survei asal Inggris tersebut secara rutin melakukan survei terhadap tingkat popularitas para calon presiden Indonesia.

Dalam grafik yang disajikan, The Economist mencatat bahwa tingkat popularitas Prabowo terus meningkat sejak awal 2023. Sebaliknya, Ganjar, yang sebelumnya mendominasi pada awal 2023, mengalami penurunan tren, sementara elektabilitas Anies cenderung fluktuatif (cenderung naik-turun). 

Di dalam situs survei tersebut, The Economist juga menyajikan profil singkat calon presiden. Prabowo dijelaskan sebagai figur yang akan melanjutkan jejak pembangunan yang ditinggalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menganut konsep "Jokowinomics".

Selain itu, Ganjar yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah tersebut dijelaskan sebagai seorang teknokrat yang bersikap ramah dan mengandalkan keberhasilan kampanye di tingkat masyarakat.

Sementara itu, Anies dicatat sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta yang memiliki pengalaman di bidang urusan internasional dan berkeinginan untuk meningkatkan pengaruh Indonesia di kawasan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES