Politik

Istana Sebut Presiden Jokowi Belum Ada Rencana Kampanye

Minggu, 28 Januari 2024 - 14:57 | 25.01k
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja. (FOTO: Setkab)
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja. (FOTO: Setkab)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi disebut belum berencana melakukan kampanye untuk Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Ia menyampaikan, keberadaan Kepala Negara ke Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam rangka kunjungan kerja. Bukan melakukan kampanye untuk paslon tertentu.

Hal itu disampaikan oleh Ari usai adanya pernyataan Jokowi bahwa presiden dan menteri boleh kampanye dan berpihak pada Pilpres 2024.

"Meskipun diperbolehkan UU Pemilu, sampai saat ini Presiden Jokowi belum ada rencana berkampanye," katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (28/1/2024).

Ia menjelaskan, dua agenda Presiden Jokowi ke Yogyakarta dan Jawa Tengah yakni menghadiri acara di UNU dan Akmil Magelang.

"Untuk beberapa agenda kunker, di antaranya peresmian Kampus UNU Yogyakarta dan kegiatan di Akmil Magelang," jelas Ari.

Diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Kepala Negara dan menteri boleh melakukan kampanye kepada salah satu paslon di Pilpres 2024.

Selain itu, menurutnya, presiden juga boleh memihak. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

"Presiden tuh boleh loh kampanye. Presiden boleh memihak, boleh," kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Namun, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, meski presiden boleh kampanye atau memihak, tapi tak boleh menggunakan fasilitas negara.

"Tapi yang paling penting waktu kampanye, (presiden) tidak boleh menggunakan fasilitas negara," jelas ayah dari cawapres Gibran Rakabuming Raka itu.

Tak hanya Kepala Negara, menurutnya suami Iriana itu, menteri juga boleh berpihak kesalah satu paslon di Pemilu 2024.

"Kita ini pejabat publik sekaligus pejabat politik, masa berpolitik enggak boleh, boleh. Menteri juga boleh," ujar Presiden Jokowi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES