Politik

Strategi KPU Kota Banjar Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda di Pemilu 2024

Jumat, 09 Februari 2024 - 17:36 | 13.86k
Ketua KPUD Kota Banjar, Muhammad Mukhlis menjabarkan strateginya dalam meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pemilu 2024. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Ketua KPUD Kota Banjar, Muhammad Mukhlis menjabarkan strateginya dalam meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pemilu 2024. (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARKPU Kota Banjar mengundang 16 OKP se-Kota Banjar dalam rangka mensosialisasikan partisipasi Pemilih muda dan kaum milenial atas penyelenggaraan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang.

Bertempat di Aula Backyard Cafe, kegiatan sosialisasi digelar dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam mengawal Pemilu 2024, Jumat (9/2/2024).

Nurhasanah selaku komisioner KPU di Divisi SDM dan Sosialisasi Partisipasi Masyarakat memaparkan bahwa peran aktif pemilih muda sangat penting dalam menentukan arah demokrasi.

 “Pemilih muda memiliki potensi besar dalam membentuk masa depan bangsa melalui suara mereka di pemilihan umum,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat di sosialisasikan kembali oleh para pemilih muda di wilayahnya masing-masing.

"Dari segmentasi khusus pemilih muda itu lebih besar 57% dari segmentasi pemilih lainnya," jelasnya.

Persentase tersebut merupakan segmen usia pemilih muda dari rentang usia 18 sampai 45 tahun sementara untuk segmentasi pemilih pemula usia 17 tahun maupun pensiunan, KPU masih mencatat sekitar 2 persen.

"Kami masih melakukan koordinasi dengan Disdukcapil terkait proses perekaman e-KTP di beberapa titik yang masih bisa menjaring para pemilih pemula dan akan terus kami update," ungkapnya.

Menurut data 3 sebelumnya, KPU mencatat masih ada sekitar 275 orang yang belum melakukan perekaman dari keseluruhan data kurang lebih 700an orang.

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan teman-teman muda agar lebih aktif dan berpartisipasi dalam Pemilu 2024 ini," ujarnya.

Kepala Disdukcapil, H Heri Sapari, S.T, M.Si melalui Iwan Kustiawan, S.K.M., M.H. selaku Kepala Bidang PIAK & Pemanfaatan Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar mengatakan bahwa jelang Pencoblosan, pihaknya masih melakukan perekaman e-KTP di beberapa titik.

"Jadi, walaupun masih dalam situasi libur cuti bersama, Disdukcapil masih melayani dokumen Adminduk seperti rekam KTP elektronik, cetak KTP elektronik dan aktivasi IKD," terangnya kepada Times Indonesia.

Adapun titik pelayanannya pada hari Kamis sampai Minggu pekan ini yaitu di Kantor Disdukcapil Kota Banjar dan MPP pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Sementara pelayanan lainnya di hari Kamis sampai Jumat ini pada jam yang sama di gelar di Kantor Desa Langensari Kecamatan Langen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES