Politik Pilkada 2024

PKB Ingin Usung Cabup di Pilkada Purworejo, Ini Penjelasannya

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 | 27.86k
Ketua DPC PKB Purworejo, Frans Suharmaji. (FOTO: Hery Priyantono/TIMES Indonesia)
Ketua DPC PKB Purworejo, Frans Suharmaji. (FOTO: Hery Priyantono/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, PURWOREJO – Raihan 6 kursi pada kontestasi Pileg 14 Februari 2024 lalu, tak membuat Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Purworejo merasa berbangga diri. Meski alami kenaikan satu kursi dibandingkan pada Pileg 2019, namun PKB Kabupaten Purworejo enggan jumawa. Mereka ingin maksimal di Pilkada Purworejo

Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua DPC PKB Purworejo, Fran Suharmaji kepada TIMES Indonesia. Pria yang akrab disapa Aji ini berpendapat bahwa kenaikan enam kursi legislatif di DPRD Purworejo adalah hasil kerja keras seluruh kader dan simpatisan dalam upaya mencari kepercayaan masyarakat.

"Alhamdulillah dan ucapan terima kasih tentu saja kepada masyarakat Purworejo atas kepercayaan kepada kami. Kini saatnya kami berusaha menjalankan amanat masyarakat, " tutur Aji. 

Agenda berikutnya menurut Aji adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada bulan November nanti. PKB Purworejo akan menyiapkan segala hal untuk itu. Sekedar diketahui syarat untuk mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati adalah minimal mendapatkan sembilan kursi DPRD.  "Perolehan kami baru enam artinya kami minimal butuh tiga kursi lagi untuk dapat mengusung paslon pilkada. Dan tentu saja upaya koalisi atau kerja sama politik dengan partai politik (parpol) lain harus kami tempuh," ungkapnya. 

Aji menyatakan beberapa parpol sudah melakukan silaturahmi langsung kepada PKB. Dia menyebut beberapa pengurus parpol setempat yang sudah bertemu dan bersilaturahmi.  "Kami sudah bertemu langsung dengan beberapa parpol dalam rangka upaya penjajakan dalam upaya menjalin kerja sama politik dalam upaya mengusung paslon," bebernya. 

Pihaknya juga akan mengagendakan silaturahmi atau kunjungan ke para jajaran pengurus parpol lain. "Kami akan membuka komunikasi dengan semua parpol. Dan kami juga akan lakukan anjang sana dalam waktu dekat ini, " ucap pria mantan Dirut Bapas 69 Magelang ini. 

PKB-Purworejo-2.jpgSilaturahmi Imam Teguh, Ketua AMPG Kabupaten Purworejo, dalam rangka penjajakan koalisi dengan jajaran PKB setempat (FOTO: Hery Priyantono/TIMES Indonesia)

Gencarnya beberapa parpol besar di Purworejo yang sudah terlebih dahulu berkunjung ke DPC PKB tak membuat jajaran PKB merasa jumawa. 

"Untuk masyarakat Purworejo, PKB akan melakukan yang terbaik. Termasuk dalam mencari sosok pemimpin untuk lima tahun ke depan kami benar-benar akan mencari pemimpin yang berintegritas dan selaras dengan keinginan warga Purworejo," ucap Fran. 

PKB sendiri secara serentak se Indonesia sudah membuka pendaftaran sejak 20 April 2024 lalu. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti penjaringan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati. Fran juga menampik bahwa dibukanya pendaftaran bacabup dan bacawabup PKB hanya sebatas formalitas saja. 

"Semua warga berhak dan berpotensi untuk menjadi calon di partai kami. Tentu saja harus memenuhi prasarat dan mekanisme internal PKB. Sekali lagi,  PKB terbuka untuk siapapun yang ingin maju sebagai cabup dan cawabup," paparnya.

Pada Pilkada Purworejo2024 nanti,  DPC PKB menarget akan mengusung cabup.  "Target kami mengusung cabup.  Dan kami akan segera melakukan upaya untuk menjalin koalisi dengan parpol lain," imbuh Aji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES