Politik Pilkada 2024

Atur Strategi Pilkada 2024, Golkar Usung Gagarin Macung Cabup Pacitan

Rabu, 08 Mei 2024 - 14:45 | 130.45k
Kantor DPD Partai Golkar Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Kantor DPD Partai Golkar Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, PACITANPartai Golkar Pacitan saat ini tengah menyusun strategi untuk Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 mendatang di Kabupaten Pacitan.

Dengan berbagai tahapan yang telah dirancang, partai berlogo pohon beringin ini tidak main-main dalam mempersiapkan kandidatnya. 

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Bidang Komunikasi Media, Penggalangan Opini, Ormas Dan Kerjasama Antar Lembaga DPD Partai Golkar Pacitan Hadi Suwarno.

"Yang pasti Partai Golkar mencalonkan Gagarin sebagai bakal calon Bupati Pacitan," katanya, Rabu (8/5/2024).

Sebagai awal dari rangkaian proses pencalonan, Partai Golkar akan memulai dengan langkah survei lapangan.

Tim survei yang diturunkan memiliki tugas untuk mengumpulkan data dan informasi yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam penetapan calon.

Proses pengumpulan data ini menjadi kunci dalam menentukan langkah strategis partai.

"Tim survei ini turun ke lapangan hasilnya bagaimana nanti kita rapatkan," jelas pria yang akrab disapa Nano. 

Selain survei, koalisi dengan partai politik lain menjadi agenda penting yang sedang dibangun oleh Partai Golkar Pacitan.

Koalisi ini bukan hanya sekadar strategi politik, melainkan juga sebuah upaya untuk memperkuat basis dukungan. Koalisi ini dirancang untuk memenuhi salah satu syarat pencalonan, yaitu minimum 20 persen dukungan dari partai-partai yang ada.

"Kami juga tentu saja membangun koalisi dengan parpol lain sampai pada penentuan siapa wakilnya," ungkap Nano. 

Perihal pengumuman resmi siapa yang akan menjadi wakil dari Partai Golkar, Suwarno menyatakan bahwa hal tersebut akan diumumkan pada Agustus 2024.

Hal ini merupakan bagian dari strategi untuk memastikan bahwa kandidat yang diusung benar-benar mewakili aspirasi masyarakat. Sedangkan, lanjut dia keterlibatan dan dukungan masyarakat menjadi faktor penting.

"Iya, jadi masyarakat biar memilih bahwa Gagarin juga merupakan salah satu calon dari masyarakat," tutur Nano.

Berbicara soal dukungan masyarakat, Nano pun optimis bahwa Gagarin telah mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat Pacitan. "Insyaallah masyarakat welcome sekali dengan Gagarin," kata Suwarno. 

Namun demikian, ia juga menekankan bahwa keputusan akhir akan berdasarkan pada hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), yang pada saat ini masih dalam proses pengumpulan dan analisis data.

Tidak hanya fokus pada survei dan koalisi, Partai Golkar juga tengah mempererat komunikasi dengan partai lain. Kegiatan ini menjadi bagian dari usaha membangun konsensus dan kerjasama antar partai yang akan membawa dampak positif pada proses pencalonan.

"Kita sekarang posisinya adalah membangun komunikasi dan silaturahmi dengan parpol-parpol yang ada semua," ujar Nano. 

Sebelumnya telah diberitakan TIMES Indonesia bahwa Gagarin, selaku Ketua DPD Partai Golkar Pacitan, masih menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar soal pencalonannya sebagai Bupati Pacitan untuk Pilkada 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES