Politik Pilkada 2024

7 Orang Mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember Lewat Partai NasDem, Siapa yang Dapat Rekom?

Minggu, 12 Mei 2024 - 15:35 | 20.90k
Sejumlah pengurus DPD san DPC Partai NasDem dalam rapot konsolidasi Pilkada 2024. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
Sejumlah pengurus DPD san DPC Partai NasDem dalam rapot konsolidasi Pilkada 2024. (M. Abdul Basid/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebanyak tujuh orang telah mendaftar sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Jember melalui Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Mereka yang mendaftar berharap dapat mengikuti perebutan jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jember dalam Pilkada 2024 yang diselenggarakan pada November mendatang.

Ketujuh bakal calon tersebut yakni Ahmad Fawait, Hendy Siswanto, Ahmad Sudiyono, Nanang Handono Prasetyo, Dedy Dwi Setiawan, Luluk Masluchah, dan Faida.

"Sampai batas akhir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Partai Nasdem ditutup, sudah ada tujuh pendaftar baik sebagai (bakal calon, Red) bupati maupun wakil bupati, dimana 6 di antaranya mendaftar di DPD dan 1 calon mendaftar di DPW," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Jember Marsuki Abdul Ghofur dalam rapat konsolidasi bersama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Minggu (12/5/2024).

Marsuki menerangkan, ketujuh nama bakal calon tersebut selanjutnya akan diajukan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem untuk dimintai pertimbangan.

Namun, lanjut dia, sebelumnya ketujuh nama tersebut harus masuk dalam tujuh lembaga survei yang sudah ditetapkan oleh DPP. 

"Para kandidat yang sudah mendaftar di Partai NasDem harus lolos lembaga survei politik yang sudah disertifikasi oleh DPP. Ada tujuh lembaga survei yang sudah ditentukan," jelasnya tanpa menyebutkan nama lembaga survei yang dimaksud.

Dari konsolidasi yang digelar DPD Nasdem Jember ini, sejumlah pengurus di tingkat DPC mulai kasak kusuk mengusulkan nama bakal calon yang pantas mendapatkan rekomendasi DPP sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Jember.

"Dari pengalaman dua kali Pilkada, calon yang diusung oleh Partai NasDem, selalu terpilih memimpin Jember. Di mana pada 2014 dokter Faida terpilih dan tahun 2019, Hendy juga terpilih. Saat ini, sudah waktunya kader partai tampil dan kami DPC Sumbersari mendukung kakak Dedy (Dedy Dwi Setiawan) bisa dicalonkan, baik sebagai calon bupati maupun calon wakil agar pengalaman sebelumnya tidak terulang," kata Mursid, Ketua DPC Partai NasDem Kecamatan Sumbersari. 

Hal yang senada juga disampaikan oleh M. Holil, pengurus DPC Partai NasDem Kecamatan Puger.

Holil menilai bahwa Dedy yang saat ini menjadi Wakil Ketua DPRD Jember merupakan sosok yang berpengalaman.

"Kami mewakili teman-teman di DPC Partai NasDem Dapil 6 sangat mendukung dan berharap kak Dedy bisa mendapatkan rekom. Selain berpengalaman beliau juga muda dan saat ini menjadi kader terbaik," ujar Holil.

Menanggapi harapan kedua pengurus DPC tersebut, Dedy menyatakan bahwa dirinya siap dan patuh pada keputusan partai. 

"Kami secara pribadi tunduk dan patuh terhadap keputusan partai. Jika partai membutuhkan, kami siap untuk meramaikan Pilkada Jember baik sebagai calon bupati maupun sebagai calon wakil bupati," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES