Politik

KPU Pastikan Tak Ada Bakal Calon Perseorangan di Pilkada Lamongan 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 16:20 | 12.85k
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan memastikan tidak ada pasangan calon dari jalur perseorangan yang akan maju dalam Pilkada Lamongan 2024.

Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali mengatakan bahwa kepastian tersebut didapat, setelah tidak ada pasangan calon yang mendaftar hingga masa pendaftaran ditutup.

"Sampai penutupan 12 Mei 2024 pukul 23.59 WIB, tidak ada bakal calon atau tim dari perseorangan yang menyerahkan berkas syarat dukungan minimal bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Lamongan tahun 2024 nanti," kata Mahrus Ali, Senin (13/5/2024). 

Untuk diketahui, berdasarkan Pasal 41 Ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 2016 dan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024, KPU Lamongan menerima penyerahan dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Lamongan Tahun 2024.

Jumlah dukungan minimal pemilih untuk bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Lamongan 2024, rinci Mahrus, adalah 67.911 pemilih.

"Jumlah dukungan pemilih tersebut tersebar di minimal 14 kecamatan di Lamongan," kata Mahrus. 

Terkait metode dan proses penyerahan syarat dukungan, ungkap Mahrus, dilakukan dengan metode pengurangan kertas menggunakan Sistem lnformasi Pencalonan Kepala Daerah (Silonkada).

KPU Lamongan beberapa waktu lalu juga telah menggelar sosialisasi pemenuhan syarat minimal dukungan dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Lamongan tahun 2024.

"Sosialisasi tersebut dihadiri perwakilan elemen masyarakat Lamongan, diantaranya dari organisasi keagamaan, ormas serta kalangan media," jelasnya.

Dengan tidak adanya pasangan calon perseorangan yang mendaftar, kata Mahrus, maka secara otomatis tidak ada perbaikan berkas yang perlu dilakukan.

Lebih lanjut Mahrus menyampaikan, saat ini KPU tinggal menunggu jadwal pendaftaran bakal calon yang diusung oleh partai politik maupun gabungan partai politik. "Karena tidak ada yang menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan, maka bisa dipastikan tidak ada calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada Lamongan nanti," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES