Politik

Pilkada 2024, KPU Bantul Nyatakan Nihil Bacabup dan Bacawabup Jalur Perseorangan

Senin, 13 Mei 2024 - 22:38 | 15.75k
Komisioner KPU Bantul. (Foto: Edis/ TIMES Indonesia)
Komisioner KPU Bantul. (Foto: Edis/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Sampai dengan hari kelima (12/5) dari jadwal penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan yang dibuka sejak 8 Mei-12 Mei 2024 tidak ada satupun masyarakat atau tokoh masyarakat di Kabupaten Bantul yang menyerahkan dukungan calon perseorangan. 

KPU Bantul sebelumnya pada 5 Mei 2024 telah mengumumkan via media masa cetak dan media sosial KPU terkait jumlah dukungan bakal pasangan calon Bupati dan wakil bupati perseorangan yakni sebanyak 55.656 dukungan yang tersebar di 9 Kapanewon.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bantul, Mestri Widodo menerangkan KPU Bantul sudah sejak April 2024 menyampaikan informasi mengenai jenis formulir yang akan digunakan oleh bakal pasangan calon perseorangan, bahkan pihaknya juga sudah membuka helpdesk dan hotline pencalonan perseorangan di Kantor KPU Bantul setiap hari senin-minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Namun tidak ada satu pihakpun yang berusaha menghubungi atau menanyakan syarat-syarat pemenuhan dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

Sementara itu Ketua KPU Bantul, Joko Santosa, mangatakan pada Minggu (13/5) pukul 23.59 KPU Bantul resmi menutup penyerahan dukungan minimal bakal pasangan calon perseorangan pada Pilkada 2024.

Dengan demikian, KPU menyatakan jalur perseorangan pada Pilkada Bantul nihil untuk bakal pasangan calon perseorangan. 

Lebih lanjut disampaikan Joko Santosa untuk jadwal tahapan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusulkan oleh partai politik akan dimulai pada 27 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2024.

Setelah itu, akan dilakukan penetapan pasangan calon pada 22 September 2024 dan pelaksanaan kampanye dari 25 september sampai dengan 23 November 2024.

"Saya harap masyarakat Bantul dapat berperan aktif untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul tahun 2024 dengan penuh kegembiraan," pintanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES