Politik Pilkada 2024

Pilkada Kabupaten Kediri 2024, Jalur Independen Tidak Diminati

Senin, 13 Mei 2024 - 23:12 | 18.95k
Kantor KPU Kabupaten Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)
Kantor KPU Kabupaten Kediri (FOTO: Yobby/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Jalur perseorangan atau independen untuk melangkah maju ke Pilkada Kediri 2024 tidak diminati oleh bakal calon. Sampai batas akhir penyerahan syarat bukti dukungan, tidak ada satu pun bakal calon yang datang untuk mendaftar ke KPU Kabupaten Kediri. 

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu Anwar Ansori menuturkan sebelumnya pihak KPU telah menyiapkan semua keperluan dan persiapan untuk menyambut pendaftaran bakal calon. 

Jadwal waktu penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan dimulai pada tanggal 8 Mei - 12 Mei 2024. 

"Sudah kita lakukan sosialisasi tentang pencalonan perseorangan. Help desk sudah kita siapkan, kelengkapan tempat dan tim juga sudah kita siapkan. Tapi hingga saat terakhir, tanggal 12 Mei 2024 jam 23.59 tidak ada satupun yang konsultasi atau menyampaikan maju melalui jalur perseorangan," ujar Anwar Ansori, Senin (13/05/2024). 

Di Kabupaten Kediri, bakal calon perseorangan di Kabupaten Kediri memerlukan bukti dukungan setidaknya 82.092 dukungan dan harus tersebar di setidaknya 14 kecamatan dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri. Jumlah DPT  di Kabupaten Kediri pada pemilu sebelumnya adalah sebanyak 1.262.944 pemilih. 

Karena tidak ada satupun bakal calon yang mendaftar, KPU Kabupaten Kediri pun menutup tahapan penyerahan syarat bukti dukungan. 

"Semua sudah kita sampaikan dan kita umumkan kepada masyarakat. Tim IT yang memberi akun SILON juga telah standby namun tidak ada sama sekali yang mendaftar," tambahnya. 

Dengan tidak adanya bakal calon dari jalur perseorangan atau independen, bisa dipastikan bakal calon yang maju dalam Pilkada Kediri 2024 akan datang dari dukungan koalisi partai. 

Sampai saat ini, ada dua nama yang sudah memastikan akan tampil dalam kontestasi Pilkada Kediri 2024. Yang pertama adalah petahana yang merupakan Bupati Kediri saat ini, Hanindhito Himawan Pramana. 

Sosok yang akrab disapa Mas Dhito itu selain menanti surat tugas dari DPP PDI Perjuangan, juga telah mendaftarkan diri ke penjaringan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) serta mengambil formulir dari Partai Demokrat. 

Nama kedua yang juga tengah berburu rekomendasi partai adalah pengusaha rokok Deny Widyanarko, yang juga telah mendaftarkan diri ke Partai Nasdem dan Demokrat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES