Politik Pilkada 2024

PPK Pilkada 2024 Dilantik, Ketua KPU Madiun: Jaga Netralitas dan Profesionalitas

Kamis, 16 Mei 2024 - 15:17 | 12.05k
Ketua KPU Kabupaten Madiun Ali Nur Wahyudi melantik anggota PPK Pilkada 2024 di Pendapa Muda Graha. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kabupaten Madiun Ali Nur Wahyudi melantik anggota PPK Pilkada 2024 di Pendapa Muda Graha. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MADIUN – Anggota Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2024 dilantik serentak, Kamis (16/5/2024). Di Kabupaten Madiun, sebanyak 75 orang anggota PPK mengikuti pelantikan di Pendapa Muda Graha Pemkab Madiun. Mereka akan bertugas sebagai penyelenggara selama 8 bulan sejak pelantikan. 

Ketua KPU Kabupaten Madiun Ali Nur Wahyudi mengungkapkan, anggota PPK yang dilantik merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan sejak akhir April lalu. Hasilnya, sebagian besar anggota PPK yang bertugas pada Pemilu 2024 lolos.

"Jumlahnya tetap seperti Pemilu 2024 yakni 75 orang. Sebagian wajah baru sekitar 25 persen, sisanya 75 persen anggota PPK lama. Untuk keterwakilan perempuan sekitar 40 persen jadi cukup banyak," ujar Ali. 

Setelah dilantik, anggota PPK akan segera melaksanakan tugas sesuai tahapan Pilkada 2024. Diharapkan mereka bekerja sesuai dengan aturan, menjaga netralitas, integritas dan kekompakan. Serta membangun komunikasi dan sinergitas dengan stake holder terkait.

"PPK segera berkoordinasi dengan muspika untuk membangun kesepahaman. Sebab penyelenggaraan pilkada merupakan tanggungjawab bersama," tegas Ali.

Ketua-KPU-Kabupaten-Madiun-Ali-Nur-Wahyudi-a.jpgSebanyak 75 anggota PPK Pilkada 2024 akan bertugas hingga Januari 2025. (Foto: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)

Sebagai bagian dari penyelenggara pemilihan, PPK juga diharapkan menjaga netralitas, integritas dan profesionalitas. Menguasai tugas dan fungsi serta memahami aturan sebagai dasar. Mengingat Pilkada 2024 merupakan hajatan nasional seperti halnya Pemilu. Sehingga sukses atau tidaknya penyelenggaraan akan menjadi perhatian  nasional. 

"Anggota PPK yang dilantik merupakan orang-orang yang dipercaya dan dinilai mampu menjalankan tugas di wilayahnya masing-masing. Tugas dan tanggungjawab PPK tidak ringan. Paling penting yakin dan percaya. Biar yakin harus memahami aturan dan tahapan kemudian dituangkan dalam program kerja," jelas Sudjiono Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Madiun saat sambutan pelantikan.

Sudjiono yang hadir mewakili PJ Bupati Madiun berharap Pilkada 2024 di Kabupaten Madiun berjalan lancar, aman dan kondusif. Selain itu tingkat partisipasi pemilih juga tinggi seperti halnya pada Pemilu 2024.

"Tingkat partisipasi pemilu 82,43 persen. Ini juga indikator keberhasilan penyelenggaraan," tegasnya. 

Anggota PPK Pilkada 2024 yang dilantik dituangkan dalam surat Keputusan KPU Kabupaten Madiun Nomor : 676 Tahun 2024 tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota PPK untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Selain pengucapan sumpah janji dan pelantikan, perwakilan anggota PPK juga menandatangani Pakta Integritas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES