Politik Pilkada 2024

Ketua KPU Lombok Utara Lantik 25 PPK untuk Pilkada 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 06:55 | 12.85k
Ketua KPU Lombok Utara Nizamudin menandatangani berita acara pelantikan 25 PPK. (FOTO: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Lombok Utara Nizamudin menandatangani berita acara pelantikan 25 PPK. (FOTO: Hery Mahardika/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, LOMBOK UTARA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Utara, Nizamudin, secara resmi melantik 25 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mempersiapkan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Pelantikan berlangsung di Gili Gaya Gallery Pemenang, Kamis (17/5/2024). 

Pelantikan tersebut dilakukan dengan harapan agar PPK dapat bekerja dengan semaksimal mungkin dan netral dalam menghadapi proses demokrasi yang akan datang.

"Saya berharap kepada seluruh anggota PPK yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan integritas. Kita harus menjaga netralitas dan profesionalitas dalam mengawal setiap tahapan Pilkada," ujarnya

KPU-Lombok-Utara-2.jpg

Pilkada merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi suatu daerah. Oleh karena itu, keberhasilan penyelenggaraan Pilkada tidak hanya ditentukan oleh KPU, tetapi juga oleh semua pihak terkait, termasuk PPK. 

"Dengan netralitas dan kinerja maksimal, diharapkan PPK dapat menjadi garda terdepan dalam memastikan proses demokrasi berjalan dengan lancar dan adil," imbuhnya.

Pelantikan 25 PPK ini menandai dimulainya persiapan secara konkret untuk Pilkada Lombok Utara tahun 2024. KPU dan PPK diharapkan dapat bekerja sama dengan semua pihak terkait guna menciptakan proses Pilkada yang transparan dan akuntabel, serta mampu mewujudkan keinginan masyarakat dalam menentukan pemimpin yang terbaik untuk daerah mereka.

"Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, KPU dan PPK Kabupaten Lombok Utara bertekad untuk menjaga integritas dan kredibilitas dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada, sehingga masyarakat dapat mempercayai sepenuhnya proses demokrasi yang sedang berlangsung," terangnya komisioner dua periode ini.

Nizamudin menjelaskan, PPK yang dilantik sudah melalui beberapa proses tahapan rekrutmen yaitu tahapan administrasi, tes CAT, dan tes wawancara. Jumlah pendaftar mencapai 117 orang, kemudian terseleksi 80 orang, hingga terseleksi 50 orang, dan yang harus dilantik 25 orang, sisa 25 orang lagi menjadi cadangan.

Bila PPK yang dilantik melakukan pelanggaran atau mundur dari PPK sehingga dipersiapkan sewaktu-waktu ada PAW lalu diisi PPK cadangan, yang diambil dari urutan nilai 6-10. "Dari 25 orang terdapat 11 orang mantan PPK, dan 14 orang mantan PPS dan KPPS, mereka dikontrak sampai bulan Januari 2025," jelasnya. 

Selama tujuh hari setelah dilantik, diminta kepada seluruh PPK berkoordinasi dengan camat setempat, untuk meminta sekretariat pendukung dan petugas sekretariat dari unsur pegawai kecamatan atau kabupaten. "Barulah, mereka akan diberikan pengarahan melalui bimbingan teknis yang segera dilaksanakan," kata Nizamudin, Ketua KPU Lombok Utara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES