Politik Pilkada 2024

Menakar Elektabilitas Tiga Kader Pilihan PDIP di Pilgub Jatim

Selasa, 21 Mei 2024 - 16:08 | 14.60k
 Direktur ARCI, Baihaki Siratj. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direktur ARCI, Baihaki Siratj. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYA – DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menyiapkan tiga kader muda untuk maju di pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim 2024.

Ketiga nama yang sudah dikirim ke DPP PDI Perjuangan itu adalah Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo; Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin; dan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan.

Dari ketiga kader tersebut, Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menempatkan Achmad Fauzi, satu-satunya kader PDI Perjuangan yang masuk bursa calon gubernur dengan elektabilitas 11,2 persen, Fauzi menempati posisi ketiga setelah Khofifah Indar Parawansa dan Anwar Sadad.

Sementara sebagai cawagub, elektabilitas Fauzi kembali unnggul dibanding dua kader PDI Perjuangan lainnya, Fauzi memperoleh 31,3 persen atau posisi kedua setelah Emil Elestianto Dardak 35,7 persen. Sementara elektabilitas Nur Arifin 3,9 persen dan Hanindhito Himawan 0,7 persen.

"Elektabilitas pak Fauzi cukup bagus baik sebagai Cagub maupun Cawagub," kata Direktur ARCI, Baihaki Siratj, Kamis (16/5/2024).

Selain itu, ARCI juga memotret basis pemilih PDI Perjuangan lebih condong mendukung Fauzi dibanding Nur Arifin dan Hanindhito. Jika sama-sama diusung sebagai cawagub, ada 85 persen pemilih PDI Perjuangan yang memilih Fauzi, 7,5 persen memilih Nur Arifin dan 2,5 persen memilih Hanindhito.

"Arifin dan Dhito ini kan baru jadi diperbincangkan setelah namanya disebut oleh DPD, sedangkan nama Fauzi sudah lebih awal digadang-gadang maju Pilgub Jatim, gambarnya ada dimana-mana," terangnya.

Seperti di ketahui, dari hasil simulasi survei ARCI 6 kandidat, nama Cagub Incumbent Khofifah Indar Parawansa ada di posisi pertama dengan angka 42,1 persen.

Pada posisi kedua ada nama Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad dengan elektabilitas 13,8 persen, ditempel bupati Sumenep Acmad Fauzi Wongsojudo dengan elektabilitas 11,2 persen.

Nama Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji ada diposisi keempat dengan angka 10,9 persen, lalu nama Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar 10,7 persen Menaker RI Ida Fauziyah 9,2 persen. Ada 1,1 persen responden yang tidak tahu/tidak menjawab.

Untuk posisi Cawagub, elektabilitas Emil Dardak di posisi pertama dengan angka 35,7 oersen. Posisi Emil Dardak ditempel ketat oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo di angka 31,7 persen pada posisi kedua.

Pada posisi ketiga ada nama kader PKB Thoriqul Haq 9,1 persen, Mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono 6,6 persen. Lalu ada nama Sekretaris Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah di angka 5,2 persen.

Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga di angka 4,7 persen, Bupati Trenggalek M Nur Arifin 3,9 persen, dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan 0,7 persen. Ada 2,8 persen responden yang belum menjawab/belum menentukan.

Survei ARCI dilakukan pada 1-10 Mei 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Survei ARCI memiliki margin of error di angka 2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Sebanyak 25 persen kuisioner dilakukan quality control. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES