Politik

Lantik Panwascam Pemilukada 2024, Bawaslu Bondowoso Imbau Hindari KKN

Sabtu, 25 Mei 2024 - 20:11 | 18.37k
Ketua Komisioner Bawaslu Bondowoso Nani Agustina saat dikonfirmasi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Ketua Komisioner Bawaslu Bondowoso Nani Agustina saat dikonfirmasi (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Setelah melalui proses rekrutmen, Badan Pengawas Pemilu Bondowoso (Bawaslu Bondowoso) melantik dan mengukuhkan sebanyak 69 komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilukada 2024.

Dari total tersebut, 27  komisioner Panwascam merupakan anggota baru menggantikan anggota sebelumnya yang masuk dalam daftar eksisting evaluasi. Sementara 42 orang merupakan incumbent. 

Ketua Komisioner Bawaslu Bondowoso Nani Agustina mengatakan, menjadi anggota Panwascam dituntut untuk memahami tugas, wewenang dan kewajiban yang diatur dalam Undang-undang. Karena itulah, dirinya meminta agar semua anggota yang telah dilantik ini memiliki komitmen dalam penyelenggaraan Pilkada 2024. 

 “Jangan ada persaingan. Kerja tim secara kolektif kolegial. Karena kerja tim merupakan kunci suksesnya Pilkada 2024,” katanya. 

Menurutnya, tugas pertama yang menanti yaitu mereka akan melakukan pengawasan terhadap tahapan perseorangan yang nantinya dimulai dengan verifikasi administrasi dan faktual. “Verifikasi administrasi dulu baru kemudian verifikasi faktual,” kata dia. 

Nani mengimbau agar anggota Panwascam dapat berkomitmen dalam penyelenggaraan Pilkada 2024. Sementara bagi anggota baru segera mengikuti dan mempelajari tugas dan wewenang dan incumbent harus menjadi contoh. 

“Jangan ada persaingan, kerja tim secara kolektif kolegial. Hilangkan persaingan, hindari korupsi, kolusi dan nepotisme. Menjunjung tinggi kode etik dan marwah lembaga pengawas Pemilu selama Pemilukada,” imbau dia saat pelantikan, Jumat (24/5/2024) kemarin. 

Adapun tahapan rekrutmen Panwascam ini dimulai dengan pendaftaran, verifikasi berkas, kemudian dilanjutkan dengan tes CAT, tes wawancara dan penetapan anggota terpilih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES