Politik

Keterwakilan Perempuan di Panwaslu Kecamatan Sleman Capai 33,3 Persen

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:47 | 16.71k
Bawaslu Kecamatan Sleman menetapkan 17 perempuan yang dilantik sebagai Panwaslu Kecamatan pada Sabtu (25/5/2024) di Grand Mercure Yogyakarta.
Bawaslu Kecamatan Sleman menetapkan 17 perempuan yang dilantik sebagai Panwaslu Kecamatan pada Sabtu (25/5/2024) di Grand Mercure Yogyakarta.

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Sebagai komitmen mewujudkan 30 persen keterwakilan perempuan dalam keterisian anggota Panwaslu Kecamatan, Bawaslu Kabupaten Sleman menetapkan 17 perempuan yang dilantik pada Sabtu (25/5/2024) di Grand Mercure Yogyakarta.

“Menindaklanjuti amanat dari undang-undang, Perbawaslu, dan pedoman tentang rekrutmen Panwaslu Kecamatan, kami telah berupaya untuk mengakomodir keterwakilan perempuan dalam setiap tahapan seleksinya,” tutur Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar, saat dihubungi melalui Whatsapp (25/05/2024).

“Hasilnya, dari 51 calon anggota Panwaslu Kecamatan yang akan segera dilantik siang ini, terdapat 17 perempuan yang terpilih yang berarti persentase keterwakilan perempuannya mencapai 33,3 persen,” lanjutnya.

Arjuna menuturkan, selama ini, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) masih terkesan sangat maskulin dan dianggap kurang cocok untuk perempuan. Dengan terpilihnya 17 calon anggota Panwaslu Kecamatan perempuan ini, Bawaslu Kabupaten Sleman ingin menghapus kesan tersebut.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Sleman, Ahmad Sidiq Wiratama, mengungkapkan jika terdapat hal yang istimewa pada pelantikan Panwaslu Kecamatan kali ini.

“Untuk menghargai dan melestarikan budaya Mataram khas Yogyakarta, maka pada pelantikan kali ini, calon anggota Panwaslu Kecamatan dan para petugas pelantikan akan memakai pakaian adat Daerah Istimewa Yogyakarta atau bisa juga memakai busana lurik khas Sleman,” kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat ini.

Pria yang akrab disapa Aswi ini menambahkan, setelah dilantik Panwaslu Kecamatan yang akan bertugas dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2024 akan mengikuti bimbingan teknis guna meningkatan kapasitas tugas kepengawasan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES