Politik Pilkada 2024

Tak Mau Asal-asalan, Sarmuji Pilih Kader Potensial Berdasarkan Hitungan Rasional 

Senin, 27 Mei 2024 - 08:01 | 18.12k
 Ketua Golkar Jatim M Sarmuji usai Bimtek Pendalaman Tugas Anggota Fraksi Golkar dan Strategi Pemenangan Pilkada Serentak di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (26/5/2024) malam. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Ketua Golkar Jatim M Sarmuji usai Bimtek Pendalaman Tugas Anggota Fraksi Golkar dan Strategi Pemenangan Pilkada Serentak di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (26/5/2024) malam. (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Ketua Golkar Jatim M Sarmuji memastikan akan mendorong para kader potensial untuk maju di Pilkada 2024. Sejumlah nama bahkan telah masuk bursa.

Dia juga memastikan menggunakan pertimbangan rasional dalam menentukan sosok yang layak dijagokan serta survei sebagai salah satu instrumen penting.

Hasil survei sebagai  potret fakta hari ini, menjadi acuan pada survei berikutnya untuk mengukur progresivitas lanjutan. Jika memungkinkan menang, Golkar Jatim akan mendorong tanpa harus memaksakan diri. 

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin mendorong kader kita untuk maju di Pilkada 2024, tetapi harus melalui hitungan yang rasional jangan asal maju saja," terangnya usai Bimtek Pendalaman Tugas Anggota Fraksi Golkar dan Strategi Pemenangan Pilkada Serentak di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (26/5/2024) malam.

Perhitungan tersebut, kata Sarmuji, bukan hanya berdasarkan nilai personal, tetapi juga komitmen terhadap partai pada 2029 mendatang. Kader potensial itu juga harus berpotensi terpilih.

Perhitungan rasional akan menjadi parameter Golkar Jatim dalam mendukung para kadernya.

"Kalau orientasi mendorong kader sudah pasti, kita akan bekerja sekeras-kerasnya untuk mendorong kader potensial kita supaya jadi," katanya.

Sarmuji optimis, Golkar akan memiliki daftar kepala daerah tambahan pada Pilkada kali ini. Ia menganalisa jika lanskap politik di Jatim akan berubah antara lain pengaruh coattail effect Pilpres.

"Kemungkinan landscape politik Jatim akan berubah di 2024 ini yang itu cerminannya adalah Pilkada," tandasnya.

"Coba kita amati, kalau kita hitung satu per satu, kita petakan satu per satu, potensi kader atau calon Partai Golkar untuk menang di 2024 ini menjadi bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota, Insya Allah akan lebih besar peluangnya dibandingkan pada Pilkada yang lalu," ungkapnya menambahkan.

Sarmuji yakin akan memiliki kepala daerah dalam jumlah yang cukup. Demikian pula untuk partai yang lain.

"Mungkin ada beberapa partai yang kemarin belum punya kepala daerah, Insya Allah 2024 juga akan memiliki kepala daerah dalam jumlah yang cukup. Jadi relatif perkiraan saya, melalui Pilkada 2024, kekuatan politik yang tercermin dalam Pilkada Insya Allah lebih merata," jelasnya.

Ia mencontohkan di Kabupaten Madiun. Golkar mempunyai kader potensial yang digadang bakal memenangkan bursa Pilbup. Begitu pula di Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Lamongan.

"Kita yakin akan menang juga di daerah itu dan masih banyak daerah yang lain. Yang itu menunjukkan perubahan peta yang cukup signifikan. Saya sangat yakin ada pemerataan kekuatan politik melalui Pilkada 2024," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES