Politik Pilkada 2024

Pilbup Malang 2024, Petahana HM Sanusi Akui Sudah Dapat Rekomendasi Penetapan dari DPP PDIP

Jumat, 31 Mei 2024 - 20:33 | 17.56k
Petahana Bupati Malang, Sanusi (tengah), dalam kesempatan acara bersama pengurus DPC PDI Perjuangan, belum lama ini. (Foto Amin/TIMES Indonesia)
Petahana Bupati Malang, Sanusi (tengah), dalam kesempatan acara bersama pengurus DPC PDI Perjuangan, belum lama ini. (Foto Amin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MALANG – Klaim rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk petahana HM Sanusi, muncul menyusul terbitnya surat instruksi dan undangan pemantapan tim pemenangan pilkada 2024, yang dikeluarkan DPP PDIP, pada Kamis (30/5/2024) kemarin. 

Kepastian adanya rekomendasi penetapan dari DPP PDI Perjuangan tersebut juga dikonfirmasi Sanusi kepada awak media, di sela agenda panen raya yang berlangsung di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jum'at (31/5/2024). 

"Sudah (rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan), kemarin sudah dapat surat. Iya, dari sekian calon bupati itu yang untuk (Kabupaten) Malang, saya yang dapat," kata Sanusi.

Dalam surat DPP PDIP ini, Sanusi diminta menghadiri undangan pemantapan tim pemenangan daerah pada Pilkada 2024, yang digendakan di Seruni Hotel The Fountains Hotel, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, selama 5-7 Juni 2024 mendatang. 

Pada agenda pemantapan yang diselenggarakan oleh DPP PDI Perjuangan tersebut, Sanusi membenarkan dirinya diundang untuk mengikuti pembekalan dan pengarahan bagi semua calon kepala daerah. 

"Se-Indonesia ada sebanyak 58 calon yang akan diberi pembekalan DPP PDIP," kata Sanusi.

Pernyataan mendapatkan rekomendasi DPP PDI Perjuangan ini juga didengar Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, H. Kholiq, dalam kesempatan mengikuti kegiatan subuh keliling berjamaah bersama Bupati Sanusi, di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jum'at (31/5/2024). 

"Tadi pas subuh keliling, (Petahana Sanusi) juga menyampaikan telah mendapatkan rekomendasi DPP PDIP. Malah, beliau menjawab ketika ditanya tokoh yang hadir, terkait siapa yang bakal mendampinginya sebagai cawabup, dan menyebut nama saya," kata Kholiq. 

Meski mengaku juga mendapatkan dukungan sejumlah tokoh untuk maju menjadi bakal calon pilkada bersama petahana Sanusi, Abah Kholiq mengaku hanya menanggapinya santai. 

Meski demikian, menurutnya PKB Kabupaten Malang sangat terbuka terkait kemungkinan mengusung petahana Sanusi, jika memang terjadi koaliasi parpol yang juga sama-sama memutuskan dukungan untuk bacabup Malang. 

Sebelumnya, dikonfirmasi TIMES Indonesia, Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto menyatakan, klaim rekomendasi DPP PDIP untuk petahana Sanusi sebagai hal yang sah-sah saja. 

"Ya, sah-sah saja ada klaim sebagai rekomendasi DPP PDIP (untuk petahana). Termasuk, (klaim dukungan) parpol lain yang mencoba menarik kader kami (Sanusi) menjadi bakal calon kepala daerah nanti," demikian Didik Gatot, dikonfirmasi, Jum'at (31/5/2024). (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES