Politik Pilkada 2024

Ukur Elektabilitas Bakal Cabup, PDIP Kabupaten Malang Bakal Siapkan 14 Lembaga Survei

Minggu, 02 Juni 2024 - 23:30 | 15.40k
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, di Kantor DPC PDIP. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, di Kantor DPC PDIP. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, MALANG – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang sangat serius memastikan elektabilitas sebagai ukuran memenangkan kontestasi pilbup Malang 2024 mendatang. 

Setidaknya 14 lembaga survei bakal dipersiapkan untuk melihat elektabilitas bakal calon kepala daerah yang diusungnya. Hal itu mengemuka setelah rapat pengurus DPC PDIP Kabupaten Malang hari ini. 

"Rapat internal ini membahas beberapa poin penting. Salah satunya, bagaimana melihat apa yang dilakukan bakal calon di lapangan. Kita ukur dengan survei elektabilitasnya, ada 14 lembaga survei yang sempat dibahas,. Nah, nanti kita tentukan siapa saja," terang Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, usai rapat internal pengurus, Didik Gatot Subroto, Minggu (2/6/2024). 

Menurutnya, survei elektabilitas ini menjadi hal sangat penting dan harus dilakukan partainya, untuk kebutuhan pemenangan pilkada November 2024 nanti. 

Didik menambahkan, secara internal DPC PDIP Kabupaten Malang memang diminta untuk melakukan survei tersebut, agar mengetahui kondisi riil perkembangan peta kekuatan figur. 

"Bakal calon sendiri diminta melakukan itu (survei elektabilitasnya), untuk mengetahui persepsi (masyarakat) yang berkembang di lapangan," terangnya. 

PDI-Perjuangan-Kabupaten-Malang-3.jpgWakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Daniel Rohi. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

Bahkan, untuk bisa terus menambah elektabilitas bakal calon, menurut Didik, semua kader PDIP didorong rajin menyapa masyarakat di setiap kesempatan. Mulai dari bacabup sendiri, maupun kader partai yang ada di pemerintahan, legislatif, fraksi, maupun struktural partai. 

Sebelumnya, dalam kesempatan terpisah, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Daniel Rohi menyatakan, pelaksanaan survei menjadi salah satu mekanisme yang bisa menjadi penentu bakal calon kepala daerah yang maju melalui PDIP untuk nantinya mendapatkan rekomendasi DPP. 

Kepada TIMES Indonesia, Daniel juga menegaskan, tahapan survei ini memang harus dilakukan, untuk memastikan elektabilitas calon yang akan direkomendasikan PDIP memang sangat bagus. 

"Sebelum bakal calon mendapatkan rekomendasi DPP, maka hasil survei menjadi salah satu faktor (penentu) keputusan. Karena PDIP adalah parpol yang mengedepankan pendekatakan ilmiah. Kalau hasil survei terhadap calon bagus, maka jadi nilai plus untuk berpeluang mendapatkan rekomendasi," jelas pria yang pengampu pilkada dapil Malang Raya PDI Perjuangan ini. 

Karena itu pula, bakal calon yang maju pilkada melalui PDIP, segera mempersiapkan diri, untuk memulai melaksanakan tugasnya yang bisa mendongkrak elektabilitas yang bersangkutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES