Politik Pilkada 2024

Kaesang Akan Putuskan Nasibnya dalam Pilkada Jakarta pada Bulan Agustus

Jumat, 07 Juni 2024 - 18:52 | 13.41k
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta, Selasa (4/6/2024). (FOTO: Dok. PSI)
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta, Selasa (4/6/2024). (FOTO: Dok. PSI)
FOKUS

Pilkada 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, menyatakan bahwa keputusan mengenai partisipasinya dalam Pilkada DKI Jakarta 2024 akan diambil pada bulan Agustus nanti.

"Kan sudah saya sampaikan, tunggu kejutannya nanti pada bulan Agustus," katanya saat ditemui di Kantor PSI, Jakarta, Jumat (7/6/2024).  

Ia menyebutkan bahwa akan ada suatu kejutan mengenai keputusannya untuk ikut atau tidak dalam Pemilihan Kepala Daerah Jakarta 2024.

Selain itu, adik dari Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka tersebut juga meminta kesabaran dari semua pihak karena proses pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur melalui partai politik akan dimulai dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024.

"Masih lama pendaftarannya, masih bulan Agustus, akhir Agustus kan. Sabar," ujarnya.

Sebelumnya, Kaesang pernah menjelaskan bahwa keputusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 23 P/HUM/2024 yang menetapkan batas usia minimal untuk gubernur dan wakil gubernur menjadi 30 tahun sejak pasangan calon terpilih memberinya peluang untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin Jakarta.

Akan tetapi, ia menambahkan bahwa keputusan tersebut belum secara resmi diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Itu kan belum masuk PKPU. Saya tidak tahu bagaimana prosesnya, apakah harus berkonsultasi dulu ke DPR atau tidak, itu kan saya tidak tahu,” ucapnya saat di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta, Selasa (4/6/2024). 

Sambil menunggu keputusan darinya, ia juga mengungkapkan bahwa partainya akan melakukan evaluasi terhadap kesepakatan dari partai-partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) terlebih dahulu.

"Sikap politik PSI juga akan melihat kesepakatan dan arahan dari partai-partai senior di Koalisi Indonesia Maju atau KIM. Kami percaya apa yang terbaik bagi masyarakat maka PSI akan ikut berjuang di sana," jelas Kaesang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES