Politik

Kandidat Cawalkot dan Cacawalkot Tasikmalaya dari PDI Perjuangan Masih Menunggu SK DPP

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:47 | 14.32k
Kolase foto Demi Hamzah (kiri) dan Muslim (kanan) kandidat Cawalkot dan Cacawalkot Tasikmalaya dari PDIP. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)
Kolase foto Demi Hamzah (kiri) dan Muslim (kanan) kandidat Cawalkot dan Cacawalkot Tasikmalaya dari PDIP. (FOTO: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Sejumlah bakal calon bupati dan walikota dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) telah menerima surat tugas sebagai bakal calon bupati/walikota atau wakil bupati/walikota yang akan bertarung dalam Pilkada 2024.

Penyerahan surat tugas ini berlangsung di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung pada Selasa, 11 Juni 2024. Surat tugas tersebut diberikan kepada bakal calon bupati di berbagai daerah termasuk Kabupaten Garut, Pangandaran, Sumedang, dan beberapa daerah lainnya. 

Namun, untuk Kota Tasikmalaya, baik DPD maupun DPP PDI Perjuangan masih menunggu perkembangan komunikasi yang diperintahkan.

Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya, Munir Setiawan, S.Sos, mengungkapkan bahwa ia belum mengetahui secara detail daerah mana saja yang sudah menerima surat tugas dari DPP.

“Saya mendengar bahwa SK untuk Kota Tasikmalaya memang belum ada. Saat ini, dua nama yang ditugaskan untuk memperkuat komunikasi dengan sejumlah koalisi adalah Ketua DPC PDIP H. Muslim, M.Si, dan Demi Hamzah Rahardian,” jelas Munir, Rabu (12/6/2024)

Munir juga menekankan pentingnya fleksibilitas dalam menjalin komunikasi politik dengan partai lain.

“Saya berharap agar DPC PDIP tidak kaku dengan hanya menjalin komunikasi dengan Gerindra dan koalisinya saja. Tetapi juga dengan partai lain seperti PPP yang juga menjadi perhatian DPP dan DPW PDIP. Walaupun PDIP telah berkoalisi dengan Gerindra, tidak ada jaminan bahwa dua kader yang ada bisa menjadi calon wakil wali kota dari koalisi tersebut,” tambah Munir.

Lebih lanjut, Munir menyarankan agar peluang berkoalisi dengan PPP dipertimbangkan secara matang. 

“Kandidat yang ada di bursa PPP memiliki potensi untuk memenangkan kontestasi ini,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tasikmalaya, Dodo Rosada, membenarkan bahwa SK untuk Pilkada Kota Tasikmalaya belum turun. Dia juga mengakui bahwa pihaknya tengah berupaya membangun komunikasi dengan berbagai koalisi yang ada. 

“Tentu kita akan membangun komunikasi dengan partai lain untuk mencari formula koalisi yang lebih menguntungkan bagi PDIP ke depan,” kata Dodo.

Dalam Pilkada 2024, PDI Perjuangan terus berusaha untuk memperluas jangkauan politiknya dengan menjalin koalisi tidak hanya dengan partai yang sudah bersekutu seperti Gerindra, tetapi juga dengan partai lain seperti PPP. 

Langkah ini dinilai penting untuk memperkuat posisi PDI Perjuangan di berbagai daerah dan memastikan kemenangan calon-calon yang diusungnya.

Penyerahan surat tugas kepada bakal calon bupati dan walikota dari berbagai daerah merupakan langkah strategis PDI Perjuangan dalam mempersiapkan diri menghadapi Pilkada 2024. 

Dengan mempersiapkan calon-calon yang potensial sejak dini dan membangun komunikasi politik yang luas, PDI Perjuangan berusaha untuk memenangkan sebanyak mungkin kursi bupati dan walikota di Jawa Barat dan daerah lainnya.

Komunikasi dan koalisi politik menjadi kunci dalam memenangkan Pilkada 2024. Dengan membangun koalisi yang kuat dan menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai partai, PDI Perjuangan berharap dapat memastikan kemenangan bagi calon-calon yang diusungnya. 

Hal ini juga mencerminkan fleksibilitas dan adaptabilitas PDIP dalam menghadapi dinamika politik yang terus berubah.

Di sisi lain, pengembangan komunikasi yang intens dengan partai lain seperti PPP juga menunjukkan upaya PDI Perjuangan untuk mencari alternatif koalisi yang bisa lebih menguntungkan. 

Ini menunjukkan bahwa PDI Perjuangan tidak hanya bergantung pada satu jalur koalisi, tetapi juga terbuka untuk berbagai kemungkinan yang dapat mendukung kesuksesan partai dalam Pilkada 2024.

Dengan strategi yang matang dan persiapan yang komprehensif, PDI Perjuangan bertekad untuk menguatkan posisinya di peta politik Indonesia dan memenangkan Pilkada 2024 dengan sukses. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES